Data Sekunder

Memahami Pengertian dan Fungsi Distribusi Normal

Fungsi distribusi normal ada di dalam keuangan. Distribusi normal ada di dalam teori distribusi peluang/probabilitas.

Dalam distribusi peluang, distribusi normal ini menjadi sangat penting di berbagai analisis statistika. Jenis distribusi ini kerap digunakan di dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Distribusi Normal di Kehidupan

Sebelum membahas kegunaan dari distribusi normal, akan lebih baik jika memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Melansir dari Wikipedia, distribusi normal atau distribusi Gauss adalah sebuah distribusi probabilitas yang paling banyak digunakan di dalam berbagai analisis statistik.

Jadi, distribusi normal digambarkan oleh kurva lonceng simetris melandai di bagian tepi dan memuncak pada bagian tengahnya. Distribusi normal baku merupakan jenis distribusi normal yang memiliki rata-rata nol dari simpangan baku satu.

Tipe distribusi satu ini berguna untuk menggambarkan pola penyebaran data dan juga variabel kontinu, seperti misalnya tinggi badan, tekanan daran, atau berat badan.

Fungsinya pada Keuangan

Di dalam keuangan, asumsi dari distribusi normal ini diterapkan pada harga aset dan pergerakan harga. Dengan distribusi normal pedagang dapat mengetahui titik harga dari waktu ke waktu.

Pedagang akhirnya bisa menyesuaikan pergerakan harga terkini ke dalam distribusi normal. Semakin jauh pergerakan harga dari mean, maka semakin besar kemungkinan suatu aset bernilai terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Bahkan, trader bisa menggunakan deviasi standar untuk menyarankan potensi perdagangan. Jenis perdagangan ini umumnya terjadi dalam jangka waktu yang sangat singkat karena rentang waktu yang lebih besar membuat lebih sulit untuk memilih titik masuk dan juga keluar.

Jadi, distribusi normal ini sangat bermanfaat di kehidupan. Distribusi ini bisa membantu para pedagang atau trader dalam kegiatan mereka.

Masyarakat bahkan mungkin tanpa sadar sudah memahami konsep dari distribusi normal ini dan akhirnya mengaplikasikan fungsinya di kehidupan.

Di dalam statistika, distribusi normal menjadi salah satu yang sangat penting untuk dipelajari. Probabilitas ini memiliki konsep yang cukup rumit untuk sebagian orang.

Namun, mempelajari distribusi normal akan menjadi lebih mudah jika sudah mengetahui fungsinya di kehidupan. Penggunanya akan paham seiring dengan penerapannya.

Admin

Recent Posts

Mengenal Metode Kuadrat Terkecil dan Jenis-jenisnya

Metode kuadrat terkecil atau populer dengan istilah “least squares methods” merupakan alat yang cukup penting.…

3 hari ago

Mengenal Metadata Kegiatan Statistik Sektoral dan Evaluasi Penyelenggaraannya

Dalam mempelajari statistik, pastinya akan bersinggungan dengan metadata kegiatan statistik sektoral. Istilah ini masih asing…

2 minggu ago

Pembagian Statistika Berdasarkan pada Bentuk Parameternya

Berdasarkan pada bentuk parameternya, pembagian statistika terbagi menjadi dua, yakni statistika parametrik dan statistika non…

3 minggu ago

Webinar Python: Auto ML

Python merupakan open source yang paling sering dipakai untuk menganalisis data serta membangun sebuah machine…

3 minggu ago

Cara Penyajian Data Statistik Dalam Bentuk Tabel Dan Diagram

Cara penyajian data statistik umumnya terbagi menjadi dua yaitu dengan tabeldan juga diagram. Bahkan penyajian…

1 bulan ago

Jenis-Jenis Statistik Berdasarkan Beberapa Kriteria dan Penjelasannya

Jenis-jenis statistik sangatlah beragam karena terbagi berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Misalnya terbagi menurut atau berdasarkan…

1 bulan ago

This website uses cookies.