Biaya Jasa Olah Data

Analisis Data Dengan Menggunakan Frontier 4.1

Melakukan Analisis Data Dengan Menggunakan Frontier 4.1 – Frontier adalah suatu alat analisis yang digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dari suatu produksi. Adapun metode ini berfokus kepada seluruh pengamatan serta pembentukan garis batas depan atau disebut frontier dari efisien yang berdasarkan terhadap optimasi tunggal melalui statistik.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Frontier 4.1 ini diantaranya adalah dilibatkannya disturbance term yang dapat mewakili gangguan berupa kesalahan pengukuran serta kejutan eksogen yang ada di luar kontrol. Selanjutnya variabel lingkungan yang digunakan lebih mudah untuk digunakan dalam penelitian. Karena, untuk menguji hipotesis yang menggunakan statistik akan lebih mudah diidentifikasi outliers nya dengan menggunakan metode ini.

Biasanya, dalam suatu penelitian variabel input dan output akan ditentukan berdasarkan pendekatan intermediasi yang merupakan pertimbangan dari fungsi utama dari penelitian an dengan pengukuran yang menggunakan fungsi dari produksi Frontier. Frontier atau Stochastic Frontier Approach atau disingkat SFA ini menggunakan pendekatan ekonometrik yang di dalamnya memerlukan fungsi biaya, profit atau produksi yang mana didalamnya menghubungkan antara input, output beserta dengan faktor-faktor yang berpengaruh dan memungkinkan untuk kesalahan acak.

Penggunaan Frontier 4.1 ini atau SFA ini digunakan untuk dapat mengetahui nilai efisiensi dari waktu ke waktu titik yang mana nilai efisiensi ini yang akan dihasilkan berupa skor yang dinilai dari angka 0 hingga 1. Apabila skor semakin mendekati angka 1 maka suatu perusahaan dapat dinilai sebagai perusahaan yang semakin efisien. Namun apabila skor semakin mendekati angka nol maka perusahaan tersebut dinilai tidak efisien. Analisis Data Skripsi Tesis Disertasi Menggunakan Frontier

metode ini pun menggunakan u atau error yang dapat dikendalikan untuk dapat memperoleh nilai efisien tersebut. Adapun analisis fungsi produksi yang menggunakan Stochastic Frontier Approach atau SFA yang dilakukan ini biasanya menggunakan persamaan 2.1 yang mana persamaan tersebut diikuti dengan parametrisasi time-varying model. Sedangkan pengolahan data dengan SFA ini menggunakan software Frontier 4.1. Biasanya, analisis dengan fungsi produksi ini memiliki bentuk umum atau log berupa rumus sebagai berikut.

Analisis Data Skripsi Tesis Disertasi Menggunakan Frontier

Dimana P1,P2, dan Pn merupakan input dalam penelitian, sedang kan Q1 merupakan kuantitas output.

Adapun error term, En, dari kedua fungsi tersebut merupakan fungsi yang terdiri dari dua komponen yang terlihat pada persamaan sebagai berikut.

En = Ui – Vi

Dimana :

Ui = faktor acak yang dapat dikendalikan (inefisiensi)

Vi = faktor acak yang tidak dapat dikendalikan

Adapun asumsi yang digunakan pada persamaan tersebut adalah sebagai berikut.

Ui ~ iid | N (0,

Vi ~ iid N (0,

Sedangkan Ui dan Vi berdistribusi secara independen satu sama lain juga berdistribusi terhadap variabel input.

Adapun & besaran parameter yang diharapkan adalah β1, β2, β3, β4, β5 > 0.

Itulah penjelasan mengenai Frontier 4.1 yang merupakan software untuk penggunaan Frontier.

Konsultan Analisis Data

Recent Posts

Webinar Python: Auto ML

Python merupakan open source yang paling sering dipakai untuk menganalisis data serta membangun sebuah machine…

1 minggu ago

Perbedaan Statistik Deskriptif dan Induktif dalam Pengumpulan Data

Perbedaan statistik deskriptif dan induktif apa saja? Pertanyaan tersebut mungkin sering terlintas di benak Anda.…

1 bulan ago

Uji Kruskal Wallis, Syarat Data, Fungsi dan Kegunaannya

Uji Kruskal Wallis merupakan salah satu uji statistik non parametrik atau data ordinal. Umumnya, Kruskal…

2 bulan ago

Mengenal Analisis Multivariat dan Klasifikasinya

Analisis multivariat merupakan cara variabel dengan jumlah banyak. Tujuannya yakni mencari pengaruh beberapa variabel tersebut…

2 bulan ago

Aplikasi Metode MILP Mixed Interger Linear dalam Kehidupan

Dalam dunia optimasi matematis, metode MILP Mixed Interger Linear Programming atau Pemrograman Linear Integer Campuran…

2 bulan ago

Metode Simpleks untuk Menyelesaikan Masalah Pemrograman Linier

Metode simpleks merupakan salah satu teknik penyelesaian pada program linear sebagai teknik pengambilan keputusan. Metode…

2 bulan ago

This website uses cookies.