Uji Friedman biasa digunakan untuk mengetahui apa saja perbedaan dari sampel yang berjumlah lebih dari dua kelompok dan saling berhubungan. Data yang digunakan dalam uji ini adalah data ordinal sehingga setiap data lain perlu diubah ke data ordinal terlebih dahulu. Aplikasi yang paling sering digunakan untuk melakukan uji ini adalah SPSS dan berikut tutorialnya:

1. Buka Lembar Kerja Baru SPSS

Seperti tutorial yang lainnya, langkah pertama yang perlu dilakukan dalam melakukan uji ini dalam SPSS adalah membuka lembar kerja baru. Setelah itu klik Variable View untuk mengisi beberapa kolom seperti Name, Decimals, Label, Measure, dan lain-lain. Cukup ikuti ketentuan yang ada dan cocokkan kembali dengan variabel yang dimiliki.

2. Klik Data View dan Lakukan Uji Normalitas

Setelah membuat tabel tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan data yang sudah dimiliki. Data mentah ini tidak bisa langsung diproses menggunakan uji Friedman dan perlu dilakukan uji normalitas terlebih dulu.

3. Munculkan Tests for Several Related Samples

Data yang sudah dilakukan pengujian normalitas tadi langkah selanjutnya adalah memunculkan kotak dialog Tests for Several Related Samples. Cara memunculkannya adalah dengan memilih menu Analyze di menu utama kemudian pilih Nonparametric Tests. Setelah itu ada lagi menu Legacy dialogs dan pilih K Related samples, tunggu hingga muncul kotak dialog tersebut.

4. Memasukkan Variabel

Setelah muncul kotak dialog Tests for Several Related Samples, langkah selanjutnya adalah memasukkan variable. Variabel yang perlu dimasukkan ini diletakkan pada kotak Test Variables disesuaikan dengan data yang dimiliki. Pada bagian bawah ada beberapa opsi uji yang bisa dipilih, sesuai dengan uji yang dilakukan saat ini, pilih opsi Friedman.

5. Centang Descriptive dan Quarties

Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil dari uji yang dilakukan adalah memberi centang pada Descriptive dan Quarties. Setelah mencentang dua opsi tersebut kemudian cukup klik Continue sehingga aplikasi bisa memproses perintah yang diberikan. Klik OK saja di menu selanjutnya hingga output SPSS akan muncul dengan beberapa hasil berbeda.

6. Hasil yang Didapatkan

Nah di program SPSS ada beberapa hasil yang akan dimunculkan dalam beberapa tabel berbeda. Tabel Output pertama akan menunjukkan Descriptive Statistics dengan beberapa tabel penjelasannya. Selain itu akan didapatkan juga tabel output Ranks dan Test Statistics. Inilah hasil paling terakhir yang bisa diberikan oleh SPSS dalam uji non parametrik satu ini.

Tabel hasil uji Friedman perlu diinterpretasikan lebih lanjut semisal ingin mendapatkan hasil akhir yang diperlukan. Gama Statistika bisa membantu semua kebutuhan akan analisis yang diperlukan untuk data penelitian yang diperlukan. Memang hampir semua uji statistic akan terasa sangat rumit sehingga bantuan ahli di bidang ini memang sangat diperlukan untuk kepentingan.