Kerjakan tugas akhisr Skripsi Tesis Disertasi pekerjaan yang berat bagi mahasiswa tingkat akhir. Apalagi masih harus menyelesaikan tugas laporan KKN dan keuangan serta merencanakan penutupan KKN.

Namun untuk survei awal pencarian data penelitian dapat dengan cara mengambil waktu senggang saat KKN. Untuk Menganalisis data penelitian, pada tahap ini ada catatan khusus bagi peserta KKN, tidak boleh ngoyo, memaksakan diri cepat selesai. Kerjakan sesuai langkah-langkah pencarian data penelitian ilmiah. Jika diperlukan bisa melalui jasa olah data penelitian skripsi Tesis disertasi.

Menjalani KKN tidak cukup hanya dengan mengerjakan program-program di masyarakat. Mahasiswa juga harus mengerjakan berbagai jenis laporan sebagai tanda mengakhiri masa KKN. Salah satu jenis laporan yang dikerjakan adalah laporan keuangan. Contoh laporan keuangan KKN beserta aturan penyusunannya akan dibicarakan dalam pembahasan berikut. Sehingga tentunya untuk mahasiswa sangat wajib membacanya.

Pengertian dan Fungsi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh laporan keuangan KKN ini, mari kita pahami dulu pengertian serta fungsinya. Laporan keuangan KKN merupakan dokumen yang menyertakan rincian pemasukan dan pengeluaran selama berlangsungnya program KKN. Jadi laporan ini disusun secara rinci sebagai bahan pertanggungjawaban peserta KKN dalam pemanfaatan dana yang sudah diturunkan.

Laporan keuangan ini akan disusun oleh mahasiswa yang bertugas sebagai bendahara kelompok. Setiap peserta KKN perlu melaporkan penggunaan dana untuk masing-masing program yang mereka kerjakan. Setelah itu bendahara akan menyatukan semua data tersebut dan menyusunnya menjadi satu laporan keuangan untuk dipertanggungjawabkan.

Dokumen ini sama pentingnya dengan laporan kegiatan KKN yang dijalani para mahasiswa. Berikut adalah beberapa fungsi dari laporan keuangan KKN:

  • Bentuk pertanggungjawaban pemakaian dana
  • Informasi inventaris yang diserahkan kepada desa selama KKN
  • Mengetahui sisa dana KKN
  • Bahan evaluasi penggunaan dana KKN
  • Arsip kegiatan KKN

Poin yang Disertakan

Penyusunan laporan keuangan harus dilakukan secara detail dan teliti. Perhitungan nominal uang yang terlibat harus tepat sehingga tidak terjadi selisih. Dalam penyusunan laporan keuangan, perlu dimasukkan beberapa data penting.  Berikut adalah beberapa data atau poin penting yang harus disertakan dalam sebuah laporan keuangan KKN:

  • Pertama, Tanggal pengeluaran dana
  • Kedua, Nama program yang berhubungan dengan pemakaian dana
  • Ketiga, Detail pemakaian dana
  • Keempat, Nilai debit
  • Kelima, Nilai kredit
  • Keenam, Nilai saldo
  • Ketujuh, Jumlah keseluruhan dana yang digunakan dan tersisa

Bendahara harus menuliskan penggunaan dana secara rinci. Setiap peserta sebaiknya menuliskan pemakaian dana setiap kali menyelenggarakan program. Dengan begitu tidak akan ada pengeluaran yang terlewat dan bisa dicatat dengan lengkap oleh bendahara saat membuat laporan keuangan. Besar nominal uang yang dikeluarkan juga harus tepat agar tidak terjadi selisih saat penghitungan.

Menyusun Laporan Keuangan

Sebelum masuk ke contoh laporan keuangan KKN, pahami dulu seperti apa cara penyusunannya. Ada aturan yang harus dipatuhi oleh bendahara saat menyusun laporan keuangan ini. Berikut adalah tahap penyusunan laporan keuangan KKN yang perlu dilakukan oleh pihak bendahara kelompok:

1. Membuat Format

Tahap pertama adalah menyusun format laporan keuangan yang akan dibuat. Biasanya pihak kampus sudah menyediakan format laporan keuangan sehingga bendahara tinggal melengkapinya saja. Jika tidak ada format yang diberikan dari universitas maka bisa mencontoh format laporan keuangan yang dibuat di tahun sebelumnya.

Biasanya dalam laporan keuangan KKN ada beberapa kolom yang memuat informasi tertentu. Mulai dari tanggal pengeluaran dana, rincian pengeluaran dana, jumlah uang yang dimiliki, nominal pengeluaran, dan jumlah uang tersisa. Format laporan ini sebaiknya dibuat sesederhana mungkin sehingga memudahkan orang lain untuk memahami isi laporan tersebut.

2. Memasukkan Data

Langkah berikutnya adalah memasukkan data-data pengeluaran atau catatan keuangan. Mulai dari tanggal, detail program dan pengeluaran, hingga nominal uang. Data-data ini harus dimasukkan secara runtut sesuai urutan tanggal pemakaian uang. Selain itu bendahara wajib memeriksa ulang apakah  ada kesalahan pencatatan data atau tidak. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan bantuan mahasiswa lain yang terlibat dalam kelompok KKN tersebut

3. Melampirkan Bukti Kuitansi

Poin yang satu ini sangat penting untuk dilakukan dalam pembuatan sebuah laporan keuangan baik di kelompok KKN maupun kegiatan lainnya. Mahasiswa harus mengumpulkan bukti transaksi berupa kuitansi untuk dilampirkan dalam laporan. Bukti transaksi ini akan menjadi data penting yang membuat laporan keuangan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik.

Penyusunan bukti kuitansi juga harus dilakukan dengan rapi. Sebaiknya sertakan bukti kuitansi yang asli bukan salinan. Susun bukti transaksi tersebut sesuai dengan urutan waktu dilakukannya transaksi tersebut. Ini akan mempermudah mahasiswa maupun dosen untuk memeriksa laporan keuangan yang sudah dibuat.

4. Melakukan Perhitungan

Tahap berikutnya adalah melakukan perhitungan. Mahasiswa bisa menghitung jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk berbagai keperluan program. Dalam tahap ini akan dibutuhkan ketelitian agar penghitungan dana tepat dan tidak terjadi selisih. Jika ada bagian yang tidak sesuai maka lebih baik penghitungan dana diulang dan diperiksa kembali dengan menggunakan bukti kuitansi yang ada.

Contoh Laporan Keuangan

Pada dasarnya pembuatan laporan keuangan KKN ini sama seperti laporan keuangan untuk jenis kegiatan lainnya. Laporan ini harus memuat jumlah uang yang dimiliki, jumlah uang keluar, serta pemakaian uang tersebut secara rinci. Formatnya juga hampir sama dengan jenis laporan keuangan lainnya. Berikut akan diberikan contoh laporan keuangan KKN yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Laporan Keuangan Program KKN Kluster Kesehatan

TanggalUraianDebitKreditSaldo
1-7-2020Dana dari LPPM1.000.000 1.000.000
 Program Sosialisasi Sikat Gigi Sekolah   
4-8-2020Pembelian sikat gigi 32 pcs 160.000840.000
7-8-2020Cetak poster sikat gigi 4 pcs 40.000800.000
 Program Kebersihan Musala   
8-8-2020Pembelian kain pel 2 pcs 25.000775.000
8-8-2020Pembelian ember 4 pcs 50.000725.000
8-8-2020Pembelian sapu 3 pcs 30.000695.000
8-8-2020Pembelian tempat sampah 2 pcs 45.000650.000
 Program Pemberian Makanan Tambahan Posyandu Balita   
12-8-2020Penyediaan biskuit dan susu balita 300.000350.000
 Program Sosialisasi Kesehatan Lansia   
15-8-2020Cetak poster 5 pcs 50.000300.000
15-8-2020Penyediaan susu diabetes untuk lansia 100.000200.000
15-8-2020Biaya bensin untuk transportasi 30.000170.000
 Program Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)   
20-8-2020Cetak poster 2 pcs 20.000150.000
20-8-2020Penyediaan sabun cuci tangan dan masker 70.00080.000
 Jumlah1.000.000920.00080.000

Contoh laporan keuangan KKN ini diambil dari program mahasiswa khusus klaster kesehatan. Setiap mahasiswa KKN dari jenis klaster yang berbeda tentu akan mengadakan program yang tidak sama. Setiap program juga pasti akan membutuhkan dana yang besarnya berbeda. Tinggal diisikan saja kebutuhan pemakaian dan nominal pengeluaran yang sudah dilakukan sesuai format.

Pengumpulan Laporan

Laporan keuangan yang sudah selesai disusun akan dikumpulkan bersamaan dengan laporan program KKN mahasiswa. Laporan ini biasanya harus dicetak dan dikumpulkan dalam bentuk fisik. Jangan lupa sertakan juga bukti transaksi atau kuitansi setiap melakukan pengeluaran untuk kebutuhan program. Jilid rapi laporan keuangan yang sudah dibuat dan serahkan kepada dosen pembimbing sesuai batas waktu pengumpulan laporan.

Jika diadakan ujian KKN, maka dosen bisa saja membahas laporan keuangan yang sudah dikumpulkan. Mungkin akan ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan penggunaan dana selama menjalankan program KKN. Jadi sangat disarankan untuk mempelajari dengan baik laporan keuangan yang sudah disusun. Setiap mahasiswa harus bisa mempertanggungjawabkan pemakaian dana yang dilakukan untuk program masing-masing.

Penyusunan bab 1 dan 2 untuk tugas Skripsi Tesis Disertasi dapat dikerjakan pada pertengahan KKN, karena saat itu sudah ada waktu untuk diatur untuk menulis, Konsultasi dengan dosen pembimbingan dan ketua jurusan serta pembimbing akademik dilakukan dengan cara online, namun saat tertentu juga perlu ketemu tatap muka biar jelas.

Saat menyusun metodologi penelitian dilengkapi dengan skema data, cara analisis data penelitian yang lengkap. Bila masih kesulitan bisa konsultansi [ada jasa olah data penelitian dengan jenis data kuantitif dan kualitatif. Aplikasi bisa Eviwes Amos Lisrel Stata, Jasa Analis Data SmartPLS, R Studio Python, Jasa Konsultan Olah Data Minitab MatLab. Itulah pembahasan mengenai Kerjakan Skripsi Survei Penelitian Analisis Jasa Olah Data Bareng KKN yang mudah sehingga dapat dijadikan referensi. Laporan ini harus disusun sebaik-baiknya dan sejelas mungkin agar tidak terjadi salah paham di kemudian hari. Bendahara memiliki tugas penting dalam memeriksa kebenaran laporan keuangan yang sudah dibuat oleh para peserta KKN.