Netlogo Software Untuk Pemodelan Dan Simulasi Data Skripsi Tesis Disertasi – Dalam analisis data, bukan hanya prosesnya yang penting untuk diperhatikan. Namun juga hasil akhir dari analisis tersebut pun harus dicermati. Agar hasil analisis lebih mudah disampaikan kepada banyak kalangan, salah satunya adalah menggunakan pemodelan dan simulasi data.

Untuk proses pemodelan data ini pun bisa dilakukan dengan menggunakan banyak tools. Salah satu yang relatif umum digunakan adalah Netlogo. Platform ini cukup sering digunakan dalam berbagai upaya simulasi dan pemodelan terhadap data-data maupun fenomena tertentu.

Mengenal Apa Itu Netlogo

Secara sederhana, NetLogo merupakan suatu lingkungan pemodelan yang dapat diprogram untuk untuk melakukan simulasi fenomena-fenoma alam dan juga fenomena sosial. Platform ini pertama kali dikembangkan oleh Uri Wilensky pada tahun 1999. Hingga saat ini platform ini masih terus dikembangkan dan ditingkatkan oleh Center for Connected Learning and Computer-Based Modeling.

Platform ini sangat cocok untuk digunakan sebagai alat pemodelan pada sistem-sistem yang kompleks dan memiliki keterkaitan dengan waktu. Hal ini memungkinkan bagi platform tersebut untuk memodelkan berbagai hal terkait dengan interaksi dan fenomena-fenoma yang membutuhkan kecermatan dalam proses analisisnya.

Platform pemodelan ini biasa digunakan dalam berbagai sektor. Mulai dari bidang ekonomi, biologi, fisika, kimia, dan bahkan juga sistem dinamis. Hal ini disebabkan karena NetLogo mampu digunakan untuk menangani sejumlah data dan simulasi yang terkait dengan fenomena-fenomena di alam.

Fitur Unggulan Dalam NetLogo

Sebagai salah satu platform yang cukup populer, NetLogo sendiri memiliki sejumlah fitur unggulan. Kehadiran fitur-fitur tersebut membuat aplikasi ini semakin digemari dan bisa digunakan untuk melakukan sejumlah proses analisis tingkat tinggi. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh platform tersebut dianttaranya adalah :

  • Sistemnya yang gratis dan merupakan open source sehingga bisa digunakan tanpa perlu harus takut terkena copyright. Selain itu aplikasi ini juga termasuk aplikasi cross-platform yang bisa dijalankan pada berbagai jenis OS mulai dari Windows, Mac, dan bahkan juga Linux.
  • Memiliki pemrograman yang terkostumisasi penuh dan relatif mudah digunakan. Termasuk untuk para pemula yang baru menggunakan aplikasi ini.
  • Pada bagian lingkungan platform ini dilengkapi dengan tampilan antar muka yang cukup user-friendly dan bahkan dilengkapi dengan tombol, slider, switch, chooser, monitor, kotak teks, dan kotak luaran.
  • Keunggulan berikutnya yang juga dimiliki oleh platform ini adalah bisa digunakan untuk memodelkan data dalam bentuk tampilan 2D ataupun 3D. Dengan demikian Anda bisa lebih mudah dalam memilih tampilan yang tepat untuk berbagai kebutuhan.

Demikianlah pembahasan mengenai platform NetLogo yang tools untuk proses simulasi dan pemodelan. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda bisa mengetahui seluk-beluk platform tersebut secara lebih tepat dan juga akurat.