RevMan dan RevManHAL: menuju pembuatan teks otomatis dalam tinjauan sistematis- Memproduksi tinjauan sistematis dalam perawatan kesehatan adalah proses yang melelahkan dari pengaturan pertanyaan, identifikasi studi yang relevan, ekstraksi data, sintesis dan, akhirnya, penulisan. Seringkali, karena setiap tahap memerlukan keterampilan yang berbeda, tinjauan sistematis adalah upaya tim yang berkepanjangan. Banyak ulasan yang membutuhkan waktu lama untuk diproduksi sehingga sudah kadaluwarsa sebelum dipublikasikan.

Banyak upaya telah diinvestasikan dalam produksi tinjauan sistematis perawatan kesehatan yang dibantu mesin. Selama lebih dari dua dekade, program Review Manager (RevMan) secara otomatis menghasilkan struktur, tabel, perhitungan dan grafik dari data yang diinput.

RevManRevMan diproduksi oleh Departemen Manajemen Pengetahuan dan Informatika dari Kolaborasi Cochrane. Ini adalah editor teks akses terbuka di mana pengulas memasukkan data kuantitatif dan kualitatif yang terkait dengan ulasan mereka ke dalam templat terstruktur. Kalkulator internal program memungkinkan sintesis terbatas dan presentasi grafis data. RevMan mengeluarkan file RM5, sudah ditandai untuk publikasi elektronik dalam berbagai format. Intinya, file RM5 mengikuti format XML, dengan bagian hierarkis yang terbungkus di antara tag yang relevan (seperti ‘abstrak’ dan ‘intervensi’) (Gbr. 1).

Keterbatasan RevMan

Meskipun revolusioner pada 1990-an, sekarang jelas bahwa RevMan memiliki keterbatasan penting. Secara khusus, menulis ulasan dalam RevMan menderita karena tidak memfasilitasi pengulangan. Karena kebutuhan, ada kebutuhan untuk mengulang. Satu pembaca mungkin lebih nyaman dengan angka dan grafik, yang lain mungkin lebih suka teks, dan yang ketiga kombinasi. Dalam beberapa hal, RevMan tidak cukup berulang. Sebagian besar dunia tidak membaca bahasa Inggris sebagai bahasa pertama mereka, namun tidak ada fungsi untuk membantu mengulang temuan dalam bahasa lain untuk membantu penyebaran yang lebih luas. Saat ini, data yang dimasukkan ke dalam tabel RevMan harus, sebagian besar, memiliki beberapa teks paralel dalam ‘hasil’ tertulis jika bukan ‘abstrak’ dan ‘diskusi’. Penyalinan dari bagian input data dan perhitungan dari program yang banyak digunakan ini masih sangat manual dan rawan kesalahan. Ini memperlambat seluruh proses dan mengurangi moral para pengulas dan mengecilkan hati partisipasi.

RevManHAL

Data di RevMan disimpan dalam format terstruktur. Ini memberikan peluang untuk penyemaian otomatis bagian lain dari tinjauan. RevManHAL, meskipun saat ini tidak didukung oleh Cochrane Collaboration, adalah program akses terbuka yang dibuat dengan tujuan untuk memecahkan beberapa masalah utama yang dihadapi pengulas saat membuat dokumen di RevMan. Secara khusus, RevManHAL bertujuan untuk memfasilitasi proses penulisan ulasan yang melelahkan dengan memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit teks yang dapat digunakan kembali secara otomatis dan disisipkan di semua ulasan mereka. Ini mengurangi waktu yang dihabiskan pengulas untuk bagian utama dari bagian ‘hasil’, ‘diskusi’, dan ‘abstrak’ dari ulasan. Teks ini bisa dalam bahasa apa pun yang dibaca dari kiri ke kanan.

Dengan Versi 4.2, RevManHAL menawarkan dua fungsi utama:

  1. Membuat, mengedit, dan mengelola teks otomatis. Bagian di mana HAL dapat memasukkan teks adalah:
  2. Abstrak: menggunakan teks generik yang dapat diedit yang disimpan oleh RevManHAL bersama dengan data dari Judul dan Ringkasan Temuan (asalkan dalam format paling sederhana) di RevMan.
  3. Hasil pencarian: menggunakan teks generik yang dapat diedit yang disimpan oleh RevManHAL bersama dengan data dari angka PRISMA.
  4. Hasil—efek intervensi: menggunakan teks generik yang dapat diedit yang disimpan oleh RevManHAL bersama dengan data dari tabel Analisis dan Data file RevMan.
  5. Ucapan Terima Kasih: diunggulkan dengan kalimat standar yang menyoroti bagaimana ulasan telah ditulis dengan bantuan software dan hyperlink ke halaman web program.

Kemungkinan membuat dan mengelola file bahasa. Ini memungkinkan pengulas untuk memasukkan teks dalam bahasa pilihan mereka. Bahasa saat ini yang filenya sudah ada adalah bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, dan Mandarin.