Mix Method qualitative dan quantitative, Nvivo bisa dipahami melalui artikel berikut ini. Dalam dunia statistik ada banyak metode yang bisa digunakan. Termasuk campuran metode antara qualitative dan quantitative. Bahkan perangkat yang dapat digunakan salah satunya yaitu Nvivo. Lantas apa yang bisa dipakai dengan kedua metode ini? Berikut ulasannya.

Memahami Mix Method Qualitative dan Quantitative, Nvivo

Metode qualitative adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk menggali dan memahami sebuah makna, baik itu individu maupun kelompok. Umumnya berasal dari masalah kemanusiaan dan sosial. Ada struktur yang digunakan dalam metode statistic qualitative yaitu berfokus pada makna individu, gaya induktif, hingga menerjemahkan kompleksitas pada sebuah masalah. Penelitian qualitative bisa dimulai dari lapangan berdasarkan penelitian lingkungan alam yang tidak hanya sebuah teori saja. 

Berbeda lagi dengan metode statistik quantitative. Metode statistik yang satu ini adalah metode analisa dan mengumpulkan data numerik. Bahkan mengevaluasi hubungan, menghitung rata-rata dan mendapatkan ilmu pengetahuan secara menyeluruh. Biasanya metode ini digunakan dalam berbagai sektor. Baik itu ilmu alam hingga sosial.

Sebenarnya metode qualitative menjadi pelengkap penelitian quantitative yang berfokus pada data non-numerik yang bertujuan untuk menambah pemahaman secara mendalam. Kedua metode ini bisa digunakan untuk mengumpulkan data. Semua tergantung untuk memperoleh pemahaman komprehensif tentang fenomena.

Perbandingan Mix Method Qualitative dan Quantitative Menggunakan Perangkat Nvivo

Mix Method qualitative dan quantitative, Nvivo sangat membantu dalam penelitian statistik. Nvivo adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu peneliti dalam menganalisis data kualitatif. Nvivo dapat digunakan untuk mengelola data, melacak kode, dan menghasilkan laporan. Dalam konteks mix method, Nvivo dapat digunakan untuk menganalisis data kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan.

Perbandingan penggunaan Nvivo dalam metode qualitative dan quantitative, sebenarnya cukup terlihat. Metode qualitative tingkat kompleksnya tinggi, sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya begitu saja. Bisa dibilang Anda yang belum berpengalaman pun kemungkinan akan merasa kesulitan menggunakan perangkat lunak Nvivo dalam penelitian qualitative.

Berbeda dengan metode quantitative dengan Nvivo yang sangat berperan penting dalam melakukan penelitian. Artinya Anda yang menggunakan metode qualitative bisa mendapatkan hasil lebih bagus dan lebih luas dengan Nvivo.  Mix Method qualitative dan quantitative, Nvivo bisa membantu penelitian statistik jauh lebih mudah dan lengkap.