Metode simpleks merupakan salah satu teknik penyelesaian pada program linear sebagai teknik pengambilan keputusan. Metode ini bisa berfungsi sebagai teknik pengambilan keputusan pada permasalahan yang berhubungan dengan pengalokasian sumber daya optimal. Melalui metode ini bisa menyelesaikan masalah-masalah program linier yang meliputi banyak pertidaksamaan dan banyak variabel. 
Metode Simpleks, Prosedur Algoritma untuk Menyelesaikan Masalah Program Linear
Simpleks merupakan prosedur algoritma untuk menghitung serta menyimpan banyak angka pada literasi iterasi sekarang dan untuk pengambilan keputusan pada iterasi berikutnya. Salah satu jenis metode ini bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah program linear dengan banyak pertidaksamaan dan variabel. Ketika menggunakan metode ini untuk menyelesaikan masalah program linear, model program linear harus diubah ke dalam suatu bentuk umum yaitu bentuk baku. 
Bentuk baku pada program linier memiliki ciri-ciri yaitu semua kendala berupa persamaan sisi kanan dan negatif memiliki fungsi tujuan bisa memaksimumkan atau meminimumkan. Dalam pemrograman linear salah satu teknik penentuan solusi optimal yaitu menggunakan simpleks. Penentuan solusi optimal ini berdasar pada teknik eliminasi Gauss Jordan. 
Penentuan solusi optimal yaitu dengan memeriksa titik ekstrim satu persatu menggunakan cara penghitungan iteratif. Dengan begitu penentuan solusi optimal dengan simpleks berlangsung tahap demi tahap (iterasi). Keberadaan iterasi ke-i hanya akan tergantung dari iterasi sebelumnya.
Bentuk Baku dan Bentuk Tabel
Dalam menentukan solusi optimal, langkah pertama yaitu bentuk umum pemrograman linier diubah pada bentuk baku. Bentuk baku pada simpleks tidak hanya mengubah persamaan kendala bentuk dan sama dengan. Tetapi pada setiap fungsi kendala harus memiliki wakil satu variabel basis awal. Variabel basis awal ini menunjukkan status sumber daya pada kondisi sebelum melakukan aktivitas. 
Dengan begitu, variabel keputusan semuanya masih memiliki nilai nol. Hal ini menunjukkan jika fungsi kendala bentuk umum pemrograman linear sudah berbentuk persamaan, tetapi fungsi kendala harus berubah. 
Metode simpleks menjadi suatu metode yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah pada program linear. Apabila pada program linear memiliki banyak variabel dan pertidaksamaan maka bisa mengambil keputusan menggunakan metode ini. Dalam mengambil keputusan memerlukan penggunaan yang tepat untuk bisa mendapatkan hasil sesuai.