Perangkat statistika merupakan alat bantu untuk pengumpulan dan analisis data berbasis statistik yang memberikan wawasan mengenai pola dan trend. Setiap alat statistik tersebut memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing. Dengan perangkat yang sesuai, pengolahan data jadi lebih efektif membawa perubahan secara signifikan.

Perangkat Statistika yang Paling Populer di Dunia

Pengolahan data menjadi aspek penting di era informasi saat ini. Pemanfaatan alat statistik secara otomatis jadi poin mutlak yang harus mengiringi perkembangan tersebut. Alat-alat itupun dapat memberikan hasil analisa yang kuat. 

Berikut inilah beberapa alat statistika yang populer hingga sekarang.

SPSS

Statistical Package for the Social Sciences merupakan perangkat lunak paling terkemuka di dunia analisa statistik. Hasil pengembangan dari IBM sejak tahun 1970-an. Perangkat lunak ini sangat relevan untuk berbagai bidang statistik, khususnya data ilmu sosial. Pengaplikasiannya kerap di bidang pemasaran, komunikasi, pendidikan, politik, hingga kesehatan.

E-View

Perangkat lunak ini merupakan hasil pengembangan dari QMS yang meluncur pada tahun 1994. Popularitasnya cukup tinggi di kalangan ekonom dan peneliti. E-View mampu menampilkan hingga memproses data formula dan tampilan sesuai preferensi pengguna. Perangkat lunak ini berfungsi untuk berbagai jenis statistik dan analisis.

Minitab

Package statistik yang memberikan analisis serta visualisasi data untuk membantu pengguna dalam meningkatkan riset keputusan berbasis data. Perangkat ini bisa menganalisa hampir semua dataset dari kecil hingga besar. 

Selain itu mampu mengoptimalkan perhitungan statistik pembuatan grafik. Sehingga memungkinkan user bisa lebih fokus pada analisa data. Minitab saat ini kompatibel dengan sistem operasi Windows dan macOS.

Stata

Perangkat ini adalah solusi statistik untuk data scientist seperti manipulasi data, eksplorasi, hingga visualisasi. Software ini memiliki user interface intuitif lengkap dengan struktur baris perintah atau command. 

Sehingga Stata bisa user akses dengan ataupun tanpa menggunakan coding. Biasanya perangkat ini digunakan oleh para peneliti di bidang pendidikan, ilmu perilaku, medis, politik, sosiologi, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa perangkat statistika yang populer untuk melakukan analisis data di berbagai bidang. Dengan adanya platform tersebut bisa membantu para analis untuk menyusun data dengan efektif dan efisien. Sehingga dapat menghasilkan data statistik yang lebih akurat.