Kursus Aplikasi Minitab, Software statistika berikutnya adalah MINITAB yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab menggabungkan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks.

Logo MatLab Gama Statistika
Logo MatLab Gama Statistika

Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun 1972. Minitab didistribusikan oleh Minitab Inc, sebuah perusahaan swasta yang bermarkas di State College, Pensylvania dengan kantor cabang Coventry,Inggris (Minitab Ltd) Paris, Perancis (Minitab SARL) dan Sydney, Australia (Minitab Pty.).

Minitab seringkali digunakan dalam perusahaan industri sebagai implementasi Six Sigma – TQM, CMMIserta metode perbaikan proses yang berbasis statistik lainnya dikenal dengan Design of Experiment (DOE). Minitab Inc, juga membuat perangkat lunak sebagai pelengkap Minitab 16, Quality Trainer danQuality Companion 3.

Jika anda mau ikut Privat Kursus Minitab bisa mendaftar kepada kami Gama Statistika. Jika ingin tahu lebih banyak mengenai MINITAB silahkan klik di sini.

Minitab adalah salah satu aplikasi Statistik yang mirip dengan excel dan bisa digunakan untuk analisa data yang cukup kompleks. Minitab dikembangkan oleh Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, dan Brisbane L. Joiner pada tahun 1972 di Pennsylvania State University. Awalnya Minitab mengeluarkan versi kecilnya dengan nama OMNITAB. Minitab ini sampai sekarang masih dikembangkan, dan banyak kantor cabangnya di beberapa negara seperti Prancis, Inggris, dan Sydney Australia. Jika ingin mencoba aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya dan memakainya gratis dengan masa trial 30 hari di website resminya (minitab.com).

Sumber dari:

https://id.wikipedia.org/wiki/Minitab

https://id.wikihow.com/Menggunakan-Minitab

https://www.minitab.com/en-us/products/minitab/

Privat Kursus Minitab bisa mendaftar kepada kami Gama Statistika Software statistik Minitab merupakan program statistika yang diakui cukup andal oleh banyak kalangan, baik dunia kampus maupun industri. Seperti pada artikel “4 SOFTWARE STATISTIK” yang telah dibahas di artikel sebelumnya

Minitab memberikan beberapa keunggulan dalam mengolah data, saya membaginya kedalam dua bagian, yaitu keunggulan dari segi manfaat minitab, dan Keunggulan dari Segi Aplikasi Minitab. diantaranya:

Keunggulan dari Segi Manfaat Minitab

  • Minitab memiliki keunggulan dari pengolahan data stasistik khususnya Analysis of Variance (ANOVA), desain eksperimen, analisis multivariat, peramalan, Analisis time series,  Statistical process control, Analisis data kualitatif, Analisis nonparametrik, Analisis reliabilitas dan lain-lain.
  • Minitab memberikan fasilitas membuat grafik statistik secara mudah dan menampilkannya dalam bentuk lebih menarik, informatif, dan sekaligus menceritakan probabilitas.