Salah satu bagian terpenting dalam kelengkapan penelitian adalah lampiran. Lampiran adalah dokumen-dokumen tambahan yang dilampirkan di dalam dokumen utama. Adapun jenis lampiran yang umumnya dicantumkan dalam karya tulis penelitian adalah kliping Koran, foto, gambar, riwayat hidup, surat elektronik, dan lain sebagainya. Hal ini biasa disebut dengan lampiran surat.

Selain itu ada pula lampiran jenis lain yang biasa disebut dengan lampiran buku. Berbeda dengan lampiran surat, lampiran buku umumnya memiliki konten tambahan yang terlalu banyak apabila disertakan di dalam teks utama (contohnya adalah tabel data penelitian) atau misalnya yang lain adalah rumus matematika, karena tentu jika rumus matematika tersebut membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Lampiran buku bisa pula berisi gambar ataupun teks.

Baik lampiran surat ataupun lampiran buku umumnya berada di bagian akhir, lampiran buku biasanya ditulis setelah bab yang terakhir dari sebuah penelitian atau sebelum bagian indeks, sedangkan lampiran surat biasanya berbentuk lembaran terpisah yang berada di bawah surat utama. Salah satu lampiran yang dapat memudahkan peneliti di dalam menginformasikan hasil penelitiannya kepada pembaca adalah dengan menggunakan peta digital GIS.

Definisi GIS

Geographic Information System atau yang diartikan dengan Sistem Informasi Geografis merupakan sistem informasi tertentu yang mempunyai informasi spasial. Arti lain dari GIS itu sendiri merupakan sistem computer yang dapat menyimpan, mengelola, membangun, serta menunjukkan informasi bereferensi geografis, contohnya data yang dinanalisis sesuai dengan lokasi aslinya, dikelompokkan ke dalam database. Orang yang berperan untuk membangun serta menjalankannya juga dimasukkan oleh praktisi di dalam sistemnya.

GIS bisa dipakai untuk keperluan kartografi, perencanaan rute, pengelolaan sumber daya, dan juga investigasi ilmiah. Contohnya, GIS dapat membantu untuk merencanakan secara tepat dan cepat durasi untuk waku tanggap darurat ketka bencana alam terjadi. Atau GIS juga bisa dipakai guna mencari wetlands (lahan basah) yang memerlukan perlindungan agar tidak terkena polusi.

Ada beberapa pendapat dari ahli mengenai arti dari GIS itu sendiri, antara lain    :

  • Aronaff

GIS merupakan sebuah sistem informasi yang diambil dari kerja computer yang menganalisis data dan juga memberikan penjelasan.

  • Murai

GIS adalah sistem informasi yang bertujuan untuk menyimpan, memasukkan, mengolah, menganalisis, serta menghasilkan data geospatial atau data geografis, guna mendukung pengambilan keputusan di dalam pengelolaan penggunaan lahan, lingkungan, transportasi, serta sumber daya alam.

  • Nico Nathanael

GIS merupakan sistem informasi yang memiliki data spasial yang didasarkan pada letak geografis sebuah wilayah yang nantinya akan digunakan untuk proses analisis, visualisasi, serta penyimpanan.

Berdasarkan uraian dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa GIS adalah pengelolaan data geografis yang bekerja berdasarkan kerja mesin atau computer.

Data Pendukung GIS

Ada dua jenis data guna mendukung GIS, antara lain :

  • Data Spasial

Data spasial merupakan sebuah gambaran nyata sebuah wilayah tertentu, pada gambaran ini akan tampak permukaan bumi. Biasanya akan ditampilkan dalam bentuk gambar, peta, ataupun grafik yang disimpan dengan format digital dalam bentuk raster atau image dan punya nilai khusus.

  • Data Atribut

Data atribut merupakan tabel yang memiliki isi berupa informasi-informasi miliki data spasial. Data atribut saling berhubungan dengan data spasial.

Gamastatistika Menyediakan Jasa Pembuatan MAP GIS

Berdasarkan penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa peta data GIS sangat diperlukan guna memudahkan peneliti dalam merepresentasikan hasil penelitiannya. Karena peta GIS dapat berbentuk visual atau grafik mengenai kondisi di suatu wilayah tertentu yang tentunya berguna dapat memudahkan pemahaman. Namun tidak mudah dalam membuat map GIS. Gamastitiska menyediakan jasa untuk pembuatan peta. Adapun hasilnya nanti akan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu (1) peta yang sudah ada file .shp serta fole data penelitian yang nantinya akan dibuat peta ; (2) Peta yang memang harus dilakukan pembuatan file .shp sendiri dengan bantuan satelit.