Aplikasi SPSS statistik merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki fungsi penting yaitu menganalisis data statistik. Perangkat lunak ini banyak digunakan dalam bidang penelitian, pendidikan, perkantoran, maupun bisnis. Selain untuk menganalisis data, fungsi lain dari aplikasi ini yaitu untuk representasi data statistik, survei, pembuatan data turunan, dan lainnya.

Fitur-Fitur yang Terdapat Dalam Aplikasi SPSS Statistik

Aplikasi SPSS ini memiliki banyak fitur yang berguna seperti berikut:

High-Resolution Graphics

Fitur ini mampu menampilkan histogram, pie chart, bar charts, hingga scatterplots dengan resolusi tinggi.

Database Access

Fitur ini berfungsi mendapatkan kembali informasi dari sebuah database menggunakan Database Wizard yang tersedia.

Data Editor

Data Editor berfungsi mendefinisikan, memasukkan, mengedit, dan menampilkan data.

Viewer

Fitur ini berfungsi untuk melihat hasil pemrosesan, menghilangkan suatu bagian dari output, hingga memudahkan proses distribusi hasil pengolahannya.

Multidimensional Pivot Tables

Fitur aplikasi SPSS statistik ini akan menunjukkan hasil pengolahan data sebelumnya. Pengguna bisa mengedit tabel sesuai dengan kebutuhan.

Penyimpanan File Tanpa Penyimpanan Sementara

Fitur lainnya yang tidak kalah berguna yaitu penyimpanan file berukuran besar tanpa membutuhkan penyimpanan sementara.

Multiple Sesi

Multiple Sesi adalah fitur untuk melakukan analisis pada lebih dari satu file dalam  waktu bersamaan.

Electronic Distribution

Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim laporan menggunakan e-mail atau melakukan export tabel dan grafik ke mode  HTML.

Online Help

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan memberikan berbagai bantuan secara detail ketika pengguna menemui kesulitan.

Manfaat Fitur dalam SPSS

Berbagai fitur dalam aplikasi SPSS statistik tentunya memiliki banyak manfaat tersendiri. Manfaatnya yang paling utama yaitu mampu mempermudah para pengguna ketika sedang menggunakan aplikasi ini untuk berbagai tujuan. Sehingga dengan fitur ini mereka mampu bekerja lebih cepat dan efektif dan bisa meningkatkan kinerja mereka sendiri.

Manfaat lainnya yaitu mampu membantu pengguna ketika menemui masalah atau kesulitan. Beberapa orang memang sering menemui kesulitan selama menggunakan aplikasi ini, terutama bagi mereka yang memang jarang menggunakan aplikasi ini. Namun dengan adanya fitur online help maka pengguna tidak perlu khawatir lagi saat menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi SPSS statistik memang memiliki banyak fitur yang sangat berguna. Mulai dari fitur high resolution graphics, database access, data editor, viewer, multidimensional pivot tables, penyimpanan file tanpa penyimpanan sementara, multiple sesi, electronic distribution, online help, dan lainnya. Banyaknya fitur akan membuat pengguna semakin nyaman saat menggunakannya.