Instrumen penelitian memegang peran yang sangat penting di dalam teknik pengumpulan data penelitian. Baik di dalam jenis riset kualitataif, kuantitatif, penelitian deskriptif, ataupun eksperimen. Alasan utama penggunaan instrument di dalam penelitian adalah lantaran terdapat kesempatan tertentu yang memberi penilaian penting tidaknya konsepsi penelitian yang dibuat secara ilmiah ataupun tidak.

Definisi Instrumen Penelitian

Secara definisi, instrument penelitian merupakan alat bantu yang digunakan oleh seorang peneliti di dalam mendapatkan hasil riset yang berkualitas. Selain itu, instrument penelitian juga digunakan untuk menentukan bagaimana cara analisis data kuantitatif ataupun kualitatif nantinya.

Penjelasan tentang hal itu tentu tidak cukup apabila dipakai dalam memahami apa saja yang jadi bagian dari instrument penelitian. Sebelumnya perlu dipahami bahwa setiap penggunaan instrument penelitian ini harus disesuaikan dengan metode penelitian yang digunakan.

Jenis-jenis Instrumen Penelitian

Penelitian eksakta atau jenis metode penelitian sosial sangat diperlukan di dalam prosesiasi penyelesaian karya tulis, contohnya artikel, makalah, skripsi, ataupun laporan penelitian. Adapun berbagai macam jenis metode penelitian adalah sebagai berikut                  :

  1. Kuantitatif

Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan analisis data dengan angka-angka numer, instrument yang digunakan di dalam metode penelitian ini adalah menggunakan poling, angket, atau memakai kuisoner.

  • Eksperimen

Penelitian ini lebih mendekatkan diri pada riset di dalam laboratorium yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan, hal tersebut adalah ciri khas dan utama dari metode ini. Pelaksanaan metode eksperimen terletak pada sikap penelitian yang akan menyempurnakan hasil dari sebuah penelitian yang didapatkan.

  • Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memakai perhitungan yang tidak menggunakan angka numeric. Di dalam jenis penelitian satu ini lebih cenderung mengarah pada tingkat kajian pustaka yang kuat, dan juga dilakukannya analisis terhadap teori-teori sebelumnya yang mengandung hasil penelitian.

  • Deskriptif

Penelitian ini menggunakan data dan teknik dengan memakai analisis berdasarkan kajian pustaka. Instrumen yang digunakan pada metode deskriptif ini lebih cenderung mendekati bentuk penelitian kualitaitif, oleh karena itu banyak yang memberikan nama penelitian ini dengan menggunakan istilah kualitatif deskriptif.

Contoh Instrumen Penelitian

Instrumen-instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan informasi atau data dalam melakukan sebuah penelitian adalah wawancara, buku catatan, dan lain sebagainya.

Gamastatistika Menghasilkan Analisis Data  Instrumen Penelitian

Melihat pentingnya instrumen penelitian, maka salah satu hal yang ditawarkan oleh gamastatistika adalah konsultasi instrumen penelitian yang nantinya akan sangat berguna untuk kerlangsungan penelitian ke depannya. Termasuk juga teknik penyusunan instrument penelitian (kuisoner, alat tes, panduan wawancara). Keunggulan gamastatistika dibandingkan yang lainnya adalah menyediakan pula jasa membuat instrument penelitian. Hal ini tentu sangat berguna agar peneliti tidak perlu lagi bersusah payah dalam memikirkan cara membuat instrumen penelitian yang tepat karena langsung dikerjakan oleh ahlinya.