5 Tips Mengerjakan Skripsi

Cepat, Mudah & Tepat

Bagaimana sih, cara mengerjakan skripsi yang cepat, mudah dan tepat? Berbeda dari mengerjakan tugas-tugas, mengerjakan skripsi/tesis/disertasi dengan cepat tidak semudah saat kita mengerjakan tugas di bangku kuliah.

Dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa bekerja secara mandiri. Tidak lagi ada bantuan dari teman-teman kelas lainnya, pun tidak juga ada ketentuan absen.

Selesai atau tidaknya tergantung dari mahasiswa yang bersangkutan. Apakah kita ingin lulus semester ini atau semester depan? Semua tergantung dari seberapa seriusnya kita dalam mengerjakan skripsi.

Mengapa banyak mahasiswa kesulitan mengerjakan skripsi?

Mahasiswa rata-rata akan kesulitan ketika menyusun rancangan atau desain penelitian mereka, karena sebelumnya tidak memiliki gambaran apapun tentang penelitian. Selain itu, mahasiswa juga kebingungan ketika menyusun laporan penelitian, mendapatkan data penelitian primer maupun sekunder, mengolah data, serta menginterpretasikan data yang sudah didapatkan.

Sebelumnya sudah dibahas mengenai layanan jasa Gama Statistika yang dapat dijadikan solusi untuk membantu mengatasi permasalahan dalam penelitian. Namun jika masih dirasa masih kebingungan, Gama Statistika juga menyediakan layanan lain, yaitu bimbingan skripsi/disertasi/tesis dan juga penelitian umum.

Sebelum dijelaskan lebih lanjut, berikut lima tips yang dapat dilakukan mahasiswa agar dapat menyelesaikan skripsinya dengan baik.

1. Menentukan target

Jika ingin memiliki semangat untuk menyelesaikan skripsi, ada baiknya menentukan target atau tujuan. Seseorang yang memiliki target akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuannya.

Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun target menggunakan Metode SMART. Artinya, (S) Spesifik, (M) Measurable/terukur, (A) Attainable/dapat tercapai, (R) Realistis, dan (T) mempunyai batasan waktu/time bound.

Dengan metode di atas, harapannya dapat memberikan dorongan untuk menyelesaikan skripsi karena seperti kata pepatah, berjalan ke arah manapun adalah benar ketika dia tidak punya tujuan.

Tentukan target dan tujuan skripsi dengan metode SMART, tulislah secara detail apa yang ingin dicapai supaya tidak mudah lupa, dan jangan lupa konsisten dalam mengerjakannya.

2. Menentukan Timeline

Setelah target-target sudah dibuat sesuai dengan metode SMART, maka langkah selanjutnya adalah menyusun timeline.

Mengapa ini penting? Dengan adanya rencana waktu yang jelas, maka mahasiswa dapat mengerti apa yang harus dikerjakannya dalam waktu tersebut sehingga targetnya dapat tercapai secara bertahap atau satu per satu.

Adanya rancangan waktu ini juga memudahkan dalam melihat sudah sejauh mana perkembangan skripsi yang sedang dikerjakan.

3. Pilih Topik yang disukai

Di tengah perjalanan, ada kalanya mahasiswa merasa bosan dan jenuh dalam mengerjakan skripsi. Maka ada baiknya memilih topik yang disukai ketika awal menentukan judul, sehingga nantinya akan terus bersemangat dalam mengerjakannya.

Jika masih kebingungan dalam menentukan topik, bisa melihat penelitian-penelitian sebelumnya agar bisa mendapatkan inspirasi.

4. Memanfaatkan Teknologi

Sebagaimana yang biasa dilakukan ketika penelitian, maka satu hal yang tidak boleh tidak dilakukan adalah mencari referensi.

Mahasiswa terkadang kesulitan mencari referensi karena ketersediaan jurnal-jurnal gratis yang ada terbatas jumlahnya. Oleh karena itu, salah satu hal yang bisa menjadi alternative adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada, yaitu menggunakan aplikasi dalam mencari referensi.

Contohnya, aplikasi Endnote, Zotero, Mendeley, dan juga Refworks. Keempat aplikasi tersebut termasuk dalam aplikasi reference manager, atau aplikasi khusus untuk mencari referensi-referensi yang dibutuhkan selama penelitian.

5. Memanfaatkan Lembaga Bimbingan

Jika sudah menentukan target, membuat timeline, sudah memilih topik yang disukai, dan juga memanfaatkan teknologi, namun masih bingung dalam mengerjakan. Maka langkah yang dapat ditempuh adalah dengan memanfaatkan lembaga bimbingan. Salah satu penyedia jasa bimbingan untuk tugas akhir baik itu skripsi, tesis, disertasi, ataupun penelitian umum adalah Gama Statistika.

Gama Statistika dapat memberikan bimbingan pada mahasiswa yang membutuhkan, dimulai dari penentuan judul hingga revisi ujian akhir atau sidang. Selain itu, lembaga bimbingan ini juga dapat membimbing mahasiswa per bab sesuai dengan permintaan.

Dengan adanya jasa tersebut, mahasiswa akan lebih mudah dalam mengerjakan skripsi atau tugas akhir, serta tak perlu bersusah payah dalam mempelajarinya karena dibimbing langsung oleh ahlinya.