Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya penelitian. Kegiatan ini menjadi prasyarat kelulusan kuliah baik sarjana, magister, dan seterusnya. Penelitian juga dapat digunakan untuk kepentingan lain seperti industri, bisnis, survey, dan lain sebagainya. Lalu apa sebenarnya definisi dari penelitian itu sendiri?

Secara umum, penelitian merupakan sebuah proses penyelidikan yang dilakukan dengan cara aktif, sistematis, dan juga cermat yang memiliki tujuan untuk merevisi, menemukan, serta menginterpretasikan fakta-fakta yang ada di lapangan.

Menurut Soerjono Soekanto, arti dari penelitian adalah sebuah kegiatan ilmiah yang dilaksanakan berdasar pada konstruksi serta analisis yang dilakukan dengan cara konsisten dan sesuai metode dan memiliki tujuan untuk mengungkapkan kebenaran.

Untuk melakukan penelitian, semuanya harus didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yang meliputi ;

  • Rasional à wajib dilaksanakan dengan menggunakan metode-metode yang masuk akal sehingga bisa dijangkau oleh nalar.
  • Empiris à Artinya penelitian wajib didapatkan dari hasil pengamatan indera manusia, sehingga orang lain bisa melakukan hal yang sama.
  • Sistematis à Untuk menjelaskan urutan sebab-akibat di dalam penelitian, peneliti harus sistematis atau teratur sesuai dengan sistem yang telah ada sebelumnya.
  • Memiliki sifat ilmiah à penelitian harus menggunakan prosedur serta memakai bukti-bukti yang berbentuk fakta serta cara mendapatkannya harus objektif.
  • Berkesinambungan à ketika mendapatkan hasil maka hasil tersebut akan disempurnakan oleh penelitian-penelitian setelahnya.
  • Memberi manfaat à Semua penelitian yang dilakukan harus mengandung nilai atau kontribusi terhadap ilmu pengetahuan.
  • Analitis            à penelitian harus bisa disampaikan dengan metode ilmiah serta antar variabel penelitiannya memiliki hubungan sebab-akibat yang jelas.

Tujuan Penelitian

Secara umum, penelitian memiliki tujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh manusia serta lingkungan di mana ia tinggal. Ada tiga tujuan penelitian di antaranya sebagai berikut           :

  1. Pengembangan

Penelitian pengembangan memiliki tujuan untuk mengembangkan suatu penelitian sebelumnya. Penelitian dilaksanakan kembali guna menyempurnakan atau menambahkan variabel lain sehingga hasil penelitian nantinya akan lebih variatif dan berbeda.

  • Verifikatif

Seperti namanya, penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali ilmu pengetahuan yang sudah ada, selain itu juga bertujuan untuk membuktikan bagaimana kebenaran dari penelitian tersebut.

  • Eksploratif

Berbeda dengan tujuan sebelumnya, penelitian dengan tujuan ini memiliki hasil akhir guna menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah ada. Hal ini dilakukan oleh peneliti yang menemukan sebuah hal baru sehingga menarik untuk dijadikan penelitian.

Jasa Konsultasi Penelitian

Dalam memahami penelitian butuh waktu yang lama untuk benar-benar mengerti atau melakukan penelitian dengan baik. Kebanyakan orang yang baru masuk di dunia penelitian kesulitan dalam menentukan rancangan, maupun ketika proses penelitian itu berlangsung. Gamastatistika menyediakan layanan konsultasi penelitian bagi Anda yang memiliki masalah sebagai berikut         :

  1. Sama sekali tidak ada gambaran mengenai penelitian yang akan dilakukan. Biasanya terjadi pada mahasiswa-mahasiswa sarjana tingkat akhir yang masih kesulitan dalam menyusun skripsi atau tugas akhirnya.
  2. Sudah mengetahui gambaran mengenai penelitian yang akan dilakukannya, peneliti juga sudah menentukan hasil akhirnya. Namun masih belum paham dalam penentuan desain penelitiannya.
  3. Peneliti sudah memiliki data untuk penelitian, akan tetapi tidak dapat menentukan metode atau software apa yang akan digunakan untuk mengolah data tersebut.
  4. Peneliti sudah memiliki data, sudah menyelesaikan olah data, akan tetapi tidak bisa menginterpretasikan data yang diperoleh tersebut.

Jika Anda memiliki salah satu masalah di atas, maka Gamastatistika dapat menjadi solusi agar penelitian Anda dapat dilanjutkan kembali.