SPSS merupakan aplikasi yang banyak digunakan guna melakukan analisis serta statistika ilmu sosial. Umumnya aplikasi analaisis ini digunakan oleh pemerintah, peneliti di bidang pendidikan, pasar, kesehatan, perusahaan survey, penajaman file, dan juga pembuatan data turunan. Di SPSS sendiri mempunyai kemampuan yang baik dalam melakukan analisis pada subjek dengan memakai menu-menu deskriptif serta kotak dialog yang tidak sulit dimengerti dan juga terlihat sederhana. Aktivitas yang dilakukan di dalamnya bahkan bisa dengan hanya memakai clicking mouse dan juga pointing.

Sejarah dari SPSS sendiri dirilis di tahun 1968, aplikasi olah data yang merupakan singkatan dari Social Sciences atau berarti Paket Statistik untuk Ilmu Sosial). SPSS diciptakan oleh lulusan Fakultas Ilmu Politik yang berasal dari Stanford University bernama Norman Nie. Pencipta SPSS tersebut sekarang menjadi Profesor di Fakultas Ilmu Politik di Standford.

Manfaat SPSS

Olah Data SPSS sangat lazim dipakai untuk alat guna memudahkan ketika memproses pengolahan data. Olah data ini dipakai di berbagai bidang misalnya militer, broadcasting, peramalan bisnis, penilaian kepuasan konsumen, telekomunikasi, keuangan, dan lain-lain. Olah Data SPSS sangat memudahkan di dalam mengolah data, hal ini menjadikan olah data yang dicapai bisa terpercaya dan dipertanggung jawabkan.

Olah Data SPSS bisa mengolah data dengan dua data berdasarkan statistic, antara lain data kuantitatif serta data kualitatif. Data kualitatif adalah data yang digambarkan dalam bentuk selain bentuk angka, contonya jenis pekerjaan, meliputi pegawai, petani, nelayan, dan lain sebagainya. Bisa pula jenis kelamin seperti laki-laki dan perempuan, tingkat kepuasan, dan data apapun itu yang tidak dalam angka. Namun meski demikian, data tersebut tetap harus dikuantifikasi dengan cara memberikan skor tertentu, seperti kepuasan (1 untuk tidak puas, 2 untuk puas, dan seterusnya).

Awal terbentuknya SPSS hanya diperuntukkan bagi ilmu sosial sebagaimana namanya, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan kompleksitas yang semakin bertambah, SPSS juga dipakai untuk keperluan lain seperti proses produksi di pabrik, melayani berbagai macam pengguna, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan SPSS berubah singaktannya menjadi Statistikal Product serta Service Solutions.

Fitur Olah Data SPSS

Aplikasi SPSS bisa membaca berbagai macam data yang dimasukkan ke SPSS Data Editor. Struktur apapun yang dikirimkan nantinya yang berasal dari file data, maka akan berubah ke dalam bentuk baris (cases) serta kolom. Hasil di dalam olah data ini akan menghasilkan pivot table, di mana dapat memperbaiki olahan data yang dihasilkan oleh SPSS. Selain itu ada beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh SPSS sehingga sangat memudahkan orang yang menggunakannya               :

  • Data Editor

Adalah jendela guna mengolah data. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan data, memasukkan, mengedit, serta membantu menguraikan data.

  • Viewer

Fitur ini berfungsi untuk melihat hasil dari data yang diproses, juga menghilangkan tertentu dari hasil yang sudah jadi, dan juga bisa melihat pendistribusian dari olah data SPSS ke aplikasi lainnya.

Gamastatistika Menyediakan Kursus dan Workshop Olah Data SPSS

Jika Anda yang tetarik untuk memahami SPSS lebih dalam maka dapat mengikuti kursus serta workshop aplikasi Olah Data yang diselenggarakan oleh Gama Statistika. Atau bagi Anda yang ingin kursus aplikasi olah data yang lain juga bisa melalui Gama Statistika. Harapannya, Anda akan mampu memahami setiap hasil dari software yang ingin Anda pelajari. Selain itu Anda juga bisa memahami interpretasi hasil atau model yang diperoleh nantinya.

Tidak hanya itu peserta juga akan mendapatkan fasilitas lain seperti voucher diskon, stiker motivasi, dan juga tas cantik yang diundi. Adapun waku workshop Olah Data ini adalah setiap akhir pekan yaitu Hari Kamis, Jum’at, dan Sabtu. Peserta juga tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak karena workshop SPSS ini sudah bisa ditebus dengan harga 250.000 rupiah saja.