Saat ini sudah banyak cara yang dilakukan untuk memudahkan kita dalam memproses data statistik sebagai bahan untuk penelitian ataupun bisnis. Sebagai akademisi yang tidak memiliki background statistika seringkali kita menemukan kendala ketika mengerjakan penelitian yang berhubungan dengan hal tersebut. Dengan adanya pihak yang membantu tentu dapat semakin memudahkan dalam pengerjaan.

Sebelum memutuskan untuk memilih pihak lain yang akan membantu pengerjaan jasa olah data nantinya, kita perlu memahami bagaimana alur proses olah data statistik sehingga bisa menjadi gambaran memilih jasa olah data yang tepat dan terpercaya. Berikut akan dijelaskan alur olah data statistik :

Desain Kuisoner

Langkah awal yang dilakukan adalah mendesain kueisoner. Kuisoner bisa diartikan sebagai alat ukur yang digunakan untuk menggali informasi dari responden. Jasa olah data yang baik tentunya dapat mendesain kuisoner dengan baik dan benar. Kuisoner yang baik adalah yang dapat dipahami oleh responden sehingga tidak menimbulkan kerancuan dalam data yang dihasilkan nantinya. Pembuat kuisoner harus memahami terlebih dahulu teori-teori dan variabel yang ingin diukur agar bisa tepat sasaran. Setelah dipahami dengan baik maka langkah berikutnya adalah membuat kuisoner dengan bahasa yang sederahana dan mudah dimengerti oleh responden.

Validasi Kuisoner

Sebelum melakukan penyebaran, kuisoner terlebih dahulu diuji validitasnya. Kuisoner yang layak adalah yang sudah memenuhi unsur validitas, artinya isi dari kuisoner tersebut sudah sepenuhnya dipahami oleh responden. Selain itu, kuisoner juga harus memenuhi unsur lainnya yaitu reliabilitas, yaitu konsistensi jawaban dari responden ketika kuisoner dibagikan dalam tempat serta waktu yang tidak sama.

Penyebaran Kuisoner

Setelah teruji validitas serta reliabilitasnya, dilakukan penyebaran kuisoner. Catatan ketika menyebarkan kuisoner adalah harus memilih teknik sampel yang tepat. Hal ini agar responden-responden yang memberi informasi nantinya dapat mewakili keseluruhan populasi, sehingga data yang dihasilkan nantinya tidak bias.

Jasa olah data juga harus memiliki tenaga kerja yang terampil ketika menyebarkan kuisoner, karena penyebaran data yang dilakukan dengan benar akan berdampak pada penelitian secara keseluruhan. Untuk itu perlu tim yang memiliki kapabilitas dalam melakukannya.

Cleaning Data dan Entri Data

Langkah berikutnya adalah melakukan entri data ke dalam komputer setelah semua kuisoner sudah terkumpul. Untuk membersihkan data-data yang mengganggu, seperti data tidak memiliki distribusi normal, missing data, data outlier, atau data ekstrim, maka diperlukan cleaning data agar semuanya dibersihkan.

Analisis Data Responden serta Analisis Deskriptif

Salah satu bagian terpenting dari olah data adalah analsisnya. Hasil analisis menentukan bagaimana data-data tersebut diimplementasikan dan nantinya akan menghasillkan kesimpulan. Jasa olah data harus memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan ini. Biasanya, mereka akan mendeskripsikan demografi responden. Namun, jasa olah data yang baik melakukan lebih daripada itu, mereka akan mengoptimalkan cross tabulation yang memiliki variabel-variabel yang bersangkutan sehingga nantinya akan menghasilkan informasi-informasi tambahan lainnya yang akan semakin memperkaya penelitian.

Data juga bisa diambil dari setiap variabel yang diteliti sehingga mendapatkan gambaran mengenai hal tersebut. Sedangkan untuk melakukan analisis deskriptif tidak perlu membutuhkan aplikasi lain, cukup dilakukan di excel untuk menghitung distribusi frekuensi ataupun ukuran statistik yang sederhana seperti standar deviasi dan juga rata-rata.

Analisis Inferensi

Untuk melakukan analisis inferensi, perlu alat yang lebih canggih seperti SPSS, eviews, dan software-software lainnya. Tujuannya untuk melakukan analisa mendalam mengenai korelasi antar beragam variabel.

Pengambilan Keputusan

Terakhir, langkah yang dilakukan adalah membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan.

Semua langkah-langkah tersebut dapat kita temukan di Gama Statistika. Jasa olah data ini memberikan garansi jika ada alur atau proses yang tidak dikehendaki nantinya. Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan adalah, setiap pengerjaan project kedua akan diberikan bonus referral, bonus potongan 5-10% dari total nilai project yang dikerjakan, dan juga mendapatkan tas dan juga kaos cantik dari Gama Statistika.