Teknik analisis multivariate yang sangat membantu peneliti untuk menunjukkan hubungan antara variabel kompleks adalah SEM (Structural Equation Modeling). SEM sendiri termasuk ke dalam salah satu kajian statistika yang dapat digunakan untuk menganalisis indikator, variabel laten, dan kesalahan. Banyak orang melakukan analisis SEM dengan LISREL. Ini dia caranya:

1. Ekspor Data Mentah

Sebelum memulai melakukan analisis SEM, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengekspor data mentah dalam file PRELIS. Caranya adalah klik File lalu pilih Import Data in Free format pada bagian Windows LISREL sendiri.

Setelah itu hanya perlu membuka file data mentah yang akan digunakan di simpan lalu klik OK jika sudah ditemukan. Aplikasi ini akan secara otomatis mengubah format sebelumnya ke dalam format PRELIS supaya bisa dipakai untuk melakukan analisis SEM.

2. Melakukan Analisis Awal

Saat data yang akan digunakan sudah berada dalam format PRELIS, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan tipe variabel. Ada dua data yang bisa dipilih yakni continuous atau ordinal data define variable menyesuaikan dengan tipe data apa yang digunakan.

Output statistic awal yang biasanya perlu didapatkan adalah covariance atau asymptotic covariance matrix yang biasa disebut dengan input data analisis. Matriks yang dipilih akan disimpan dalam file notepad dalam format .cov, .acm, dan .cor.

3. Buka File SIMPLIS Baru

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuka file SIMPLIS baru untuk mengestimasi persamaan yang akan dikerjakan. Caranya cukup mudah, hanya perlu memilih File New lalu pilih opsi Simplis Project dan klik OK. Setelah itu simpan dulu project SIMPLIS ini ke dalam folder yang diinginkan.

Di SIMPLIS ini akan muncul kotak untuk menulis perintah yang bisa digunakan sebagai alat mengestimasi berbagai persamaan. Cukup klik Setup Title dan Comments untuk menambahkan judul project yang sedang dikerjakan lalu klik next. Jika data yang digunakan adalah multi sample, perlu mengisi Group Labels terlebih dahulu tapi jika tidak cukup klik next saja.

4. Melakukan Analisis SEM

Setelah selesai, tinggal tambakan variabel yang diinginkan pada Observed Variables dan Latent Variables. Pada Observed Variables, pilih Read from file dengan anti LISREL System File dengan PRELIS System File dan cari file yang tadi sudah disimpan. Nah selanjutnya untuk yang Add Variable, tulis secara manual variabel yang akan diteliti lalu klik OK.

Setelah keduanya selesai, akan muncul dialog box yang berisi banyak opsi. Pertama perlu dilakukan adalah isi Number of observations dengan jumlah amatan. Lalu klik satu kali lagi kotak Setup dan klik F8 di keyboard untuk memunculkan informasi mengenai data dan nama variabel. Terakhir, isi hubungan sesuai dengan keinginan dan akan muncul output LISREL.

Nah itulah dia beberapa cara untuk melakukan analisis SEM dengan LISREL yang dapat disampaikan. Memang analisis SEM dengan aplikasi satu ini terasa lebih susah sehingga butuh ketelitian. Kalau butuh bantuan, segera hubungi Gama Statistika untuk bantuan profesional dalam analisis yang dilakukan.