Arti Metode MRA Moderated Regression Analysis – Terdapat aplikasi khusus yang bisa Anda gunakan untuk melakukan regresi berganda linear. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka persamaan regresi dapat dilakukan dengan lebih tertata dan sesuai dengan data yang ada.

Aplikasi tersebut menggunakan metode MRA atau lebih sering disebut sebagai moderated regression analysis. Aplikasi dengan metode MRA mengandung unsur interaksi ganda yang bisa digunakan untuk perkalian dua variabel atau lebih.

Rumus Metode MRA

Metode MRA Moderated Regression Analysis memiliki beberapa variabel, diantaranya adalah:

  1. Variabel dependen yang disimbolkan dengan huruf Y.
  2. Variabel independen 1 yang disimbolkan dengan X1.
  3. Variabel independen 2 disimbolkan dengan huruf X2.
  4. Variabel untuk melakukan moderasi, disimbolkan dengan Z.
  5. Variabel interaksi pertama yang disimbolkan dengan X1 x Z.
  6. Variabel interaksi kedua yang disimbolkan dengan X2. X Z.

Rumus ini biasanya digunakan untuk melakukan analisis terhadap perkembangan perekonomian pada suatu daerah. Ambil contoh bahwa Anda melakukan penelitian terhadap pembangunan ekonomi dan pengaruhnya dengan kualitas lingkungan, maka variabel yang digunakan Metode MRA Moderated Regression Analysis adalah sebagai berikut:

  1. Keterbukaan ekonomi antar subjek, disimbolkan dengan X1.
  2. Industrialiasasi yang terjadi di masyarakat, disimbolkan dengan X2.
  3. Kualitas lingkungan disimbolkan dengan huruf Y capital.
  4. Pembangunan ekonomi disimbolkan dengan huruf Z.

Kriteria yang digunakan untuk menganalisis variabel diatas terbagi menjadi empat kriteria, dengan keterangan rinci sebagai berikut:

  1. Kriteria Pertama

Anda harus melakukan quasi moderator, yang merupakan langkah perhitungan moderator semu. Apabila pengaruh dari variabel Z terhadap Y mempengaruhi dua variabel X, maka hasil yang didapatkan adalah signifikan. Quasi modern merupakan langkah yang dipakai untuk memoderasi hubungan antara dua variabel, yakni variabel independen dan dependen.

  • Kriteria Kedua

Ketika menggunakan Metode MRA Moderated Regression Analysis langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan moderator murni atau pure moderator. Cara ini dilakukan apabila pengaruh Z terhadap Y pada estimasi pertama tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel yang lain.

  • Kriteria Ketiga

Untuk kriteria ketiga, predictor moderasi dilakukan, kriteria ini bisa dilakukan apabila pengaruh Z terhadap Y pada estimasi pertama hanya memberikan pengaruh pada satu variabel, yakni variabel X1.

  • Kriteria Keempat

Ini merupakan kriteria terakhir dalam metode MRA, yang disebuat sebagai homologizer moderasi. Kriteria ini terjadi apabila pengaruh Z dan Y memberikan pengaruh interaksi hanya pada variabel X2, namun tidak membuat variabel X1 berubah. Demikianlah informasi lengkap mengenai Metode MRA Moderated Regression Analysis. Anda yang hendak melakukan perhitungan ekonomi dan pengaruh antara satu objek dengan objek yang lain, maka Anda bisa menggunakan metode perhitungan MRA yang satu ini