Metode Mixed Method Research untuk Memadukan Dua Bentuk Data Mixed method research MMR dalam bahasa Indonesia berarti penelitian metode campuran. Metode ini menggunakan pendekatan pada penelitian dengan mengombinasikan bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Sesuai dengan namanya metode ini mencampurkan dua bentuk data berupa data kualitatif serta kuantitatif.

Dalamnya terdapat keterlibatan asumsi filosofis, aplikasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan pencampuran dari kedua pendekatan tersebut dalam sebuah penelitian. Kegiatan penelitian yang dilakukan dengan metode bertujuan untuk mendapatkan data yang bersifat komprehensif, valid, objektif dan reliabel.

Deskripsi

Metode mixed method research ini menggunakan prosedur pengumpulan, analisis, serta penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Fakta yang dihasilkan bersifat lebih komprehensif dengan menggunakan semua alat pengumpul data sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dan peneliti memiliki kebebasan yang lebih baik untuk melakukan penelitian.

Data kuantitatif dan kualitatif hanya terbatas pada jenis alat pengumpul data tertentu yang digunakan dalam penelitian tersebut. Asumsi dasar pada metode ini merupakan penggabungan kelebihan dari masing-masing metode agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Nantinya hal tersebut mampu menyelesaikan permasalahan penelitian serta menjawab pertanyaan yang muncul dalam penelitian tersebut dengan lebih baik. Dengan menggunakan dua bentuk pendekatan maka diharapkan peneliti bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Maka dipilihlah metode mixed method researchuntuk mencapai tujuan yang dimaksud.

Konsep dan Tujuan Penelitian

Metode ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif yang digabungkan untuk satu penelitian agar mampu memberikan pemahaman yang lebih lengkap mengenai masalah penelitian. Pendekatan ini melibatkan asumsi filosofis yang bersifat lebih kompleks daripada hanya mengumpulkan serta menganalisis dua jenis data saja.

Secara umum penelitian dengan metode mixed method research ini bertujuan untuk lebih memahami masalah penelitian dengan mentriangulasi data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan partisipan atau yang bersifat kualitatif untuk dianalisis berdasarkan sampel yang luas.

Hasil statistik kuantitatif dari sebuah sampel kemudian akan ditindaklanjuti dengan cara mewawancarai dan mengobservasi sejumlah individu agar membantu memberikan penjelasan lebih jauh dari hasil statistik yang sudah diperoleh. Nantinya melalui penelitian tersebut Anda dapat mengungkap kecenderungan serta hak dari kelompok maupun individu yang tertindas.

Prosedur Mixed Method

Pada metode ini terdapat beberapa prosedur yang harus dilalui yang terdiri dari timing atau waktu, weighting atau bobot, mixing atau pencampuran, dan teorizing atau teorisasi. Masing-masing memiliki peran tersendiri dalam memberikan hasil penelitian yang terukur dengan data campuran agar sesuai dengan tujuan.

Beberapa penjelasan mengenai jasa olah data metode mixed method research di atas bisa menjadi rujukan Jika Anda ingin melakukan penelitian menggunakan data campuran. Hasil yang diperoleh bisa lebih baik dan sesuai kebutuhan karena menggunakan dua jenis pendekatan dalam satu jenis penelitian.

Referensi : gurupendidikan