Untuk melakukan sebuah penelitian maka dibutuhkan banyak komponen penting dan salah satunya memiliki hubungan yang dikenal dengan sebagai variabel penelitian dalam sebuah proses.

Variabel penelitian ini terdiri dari banyak jenis yang memiliki fungsinya masing-masing dengan menggambarkan karakteristik dari populasi yang ingin diteliti. Termasuk di dalamnya adalah metode analisis moderasi.

Metode analisis moderasi ini merupakan variabel yang bisa memperkuat atau memperlemah hubungan langsung antara variabel independen dan variabel dependen. Variabel ini memiliki pengaruh terhadap arah hubungan atau sifat antar variabel dimana arah keduanya bisa bernilai negatif atau positif dan bergantung pada variabel moderasi itu sendiri.

Karena itulah variabel ini disebut juga sebagai variabel contingency, di mana bila terdapat variabel moderating maka akan berpengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Begitu juga sebaliknya, bila tidak terdapat variabel moderating, maka pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen tidak terjadi.

Berikut ini adalah contoh variabel moderating yang perlu diketahui.

  • Adanya hubungan motivasi dan prestasi belajar yang meningkat. Dalam hal ini peran guru akan sangat berpengaruh terutama dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, hingga meningkatkan keinginan siswanya untuk belajar.
  • Diketahui adanya penelitian yang menjelaskan mengenai banyaknya jumlah buku yang dibaca oleh seorang anak ternyata mampu meningkatkan kemampuan membacanya. Pada penelitian ini, variabel independennya adalah jumlah buku dan variabel dependennya adalah kemampuan membaca. Meski begitu, kecakapan baca tulis orang tuanya pun bisa memberikan pengaruh antara jumlah buku yang dibaca dan kemampuan membaca anaknya.
  • Contoh lainnya adalah jika umur dijadikan sebagai variabel moderator antara gaji (variabel independen) dan biaya pemeriksaan kesehatan (variabel dependen), maka hubungan antara gaji dengan biaya pemeriksaan kesehatan akan lebih besar untuk mereka yang umurnya lebih tua. Sementara untuk yang lebih muda, pastinya nilainya akan lebih rendah.

Menjelaskan sekilas mengenai variabel independen dan dependen yang telah disebut-sebut di atas. Di mana variabel independen merupakan variabel yang menjelaskan atau mempengaruhi variabel lainnya. Variabel ini juga diduga sebagai sebab atau presumed cause variable yang mendahului antecedent variable.

Sementara pada variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi oleh variabel independen yang diduga sebagai akibat atau presumed effect variable. Variabel ini juga disebut sebagai consequent variable atau variabel konsekuensi.

Dari penjelasan di atas maka terbaca jelas bahwa tujuan dari Metode Analisis Moderasi ini adalah untuk mengukur kekuatan hubungan, antar variabel independen dan dependen. Metode ini juga banyak digunakan dalam berbagai sektor kehidupan.

Kemudian bagaimana merancang model regresi dengan metode ini, bisa ditentukan dengan tinjauan teoritis sehingga analisis moderatingnya hanya mengkonfirmasi saja teori tersebut apakah cocok atau tidak dengan model empiris. Sementara untuk uji asumsi lainnya tetap harus dilakukan pada setiap metode yang akan digunakan.