Analisa data mungkin menjadi suatu hal yang sudah tidak asing untuk dibicarakan di dalam suatu pekerjaan. analisa data adalah proses pembersihan, inspeksi serta pemodelan data yang memiliki tujuan untuk menemukan informasi yang berguna sehingga dapat diinformasikan sebagai suatu kesimpulan dan mendukung dalam pengambilan keputusan.

Adapun metode analisa data oleh Creswell merupakan metode dalam proses data untuk dapat dijadikan sebagai informasi. Dalam suatu penelitian, penganalisisan data perlu untuk dilakukan agar data lebih dapat mudah untuk dipahami. hal ini pun sangat membantu untuk memperoleh solusi terhadap permasalahan dari penelitian yang sedang dilaksanakan.

 Dari berbagai proses analisa data, terdapat beberapa metode yang digunakan untuk lebih mempermudah dan mencocokkan dengan permasalahan yang tengah dihadapi. Salah satunya adalah metode analisa data yang dikemukakan oleh Creswell.

Creswell mengemukakan bahwa terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan di dalam proses analisa data terutama dalam proses analisa kualitatif. Berikut adalah poin-poin yang perlu untuk diperhatikan dan tidak dapat sepelekan.

– Analisa data kualitatif merupakan analisa data yang dapat dilakukan secara simultan dengan melalui proses pengumpulan data interpretasi data serta penulisan naratif lainnya. adapun untuk proses analisa data ini berjalan beriringan dengan simultan dan juga proses lain bahkan sejak awal penelitian.

– Anda perlu untuk memastikan bahwa proses analisis data  yang dilakukan berdasarkan dengan proses reduksi data dan interpretasi. Adapun menurut metode analisa data oleh Creswell, data yang telah diperoleh direduksi ke dalam suatu pola pola tertentu. Kemudian dari situ dapat dilakukan kategorisasi tema yang kemudian akan dilakukan interpretasi atau berita tersebut berdasarkan dari skema-skema yang diperoleh.

– Mengubah data hasil produksi ke dalam bentuk matriks. Berdasarkan matriks tersebut nantinya dapat terlihat mengenai hubungan antara kategori kata menurut subjek, kategori data menurut informan yang didasarkan dengan lokasi penelitian, atas dasar demografis, berdasarkan waktu, serta didasarkan dengan perbedaan kategori lainnya.

– Menyoroti identifikasi prosedur pengodean atau coding yang kemudian akan digunakan dalam mereduksi informasi kedalam tema-tema atau kategori yang ada.

– Adapun hasil dari metode analisa data oleh Creswell ini dipastikan telah melewati prosedur reduksi yang telah diubah ke dalam bentuk matriks yang sudah diberi kode. Kemudian setelahnya data tersebut disesuaikan dengan model yang dipilih. Contohnya adalah fenomenologi, etnografi, serta studi kasus yang masing-masing memiliki khas dan tujuannya tersendiri.

Itulah beberapa tahapan atau poin-poin yang penting dan perlu untuk diperhatikan dalam analisa data. Pastikan untuk melakukan prosesnya secara teliti dan tentunya harus memperhatikan bagaimana metode, seperti metode analisa data oleh Creswell. Beberapa prosesnya memang harus dilakukan dengan melakukan penelitian mulai dari dasar, mengumpulkan data-data dan beberapa proses lainnya.