Model Merton – Black Scholes merupakan model matematika untuk dinamika pasar keuangan yang terdapat kontrak finansial intrumen investasi kata untuk menentukan harga kontrak opsi.  Metode analisis ini diformulakan Fischer Black, Myron Scholes, dan Robert Merton.

Metode ini mengasumsikan saham atau kontrak berjangka akan mempunyai distribusi harga lognormal. Didapatkan ketika sudah berjalan secara acak dengan gerak dan volatilitas konstan. Variabel penting lainnya penggunaan survei ini dan anjak piutang. Persamaannya berasal dari harga bergaya yang disebut opsi Eropa.

Volatilitas, harga aset dasar, waktu sampai berakhirnya opsi dan suku bunga bebas risiko merupakan input persamaan Black Scholes. Dengan menggunakan variabel ini harga rasional untuk opsi jual dapat ditetapkan secara teori.

Dasar-dasar Model Black Scholes

Metode analisis Merton black-scholes ini memperhitungkan harga aset yang mayoritas diperdagangkan Sesuai dengan gerakan brownian geometris dengan volatilitas dan pergeseran konstan. Apabila digunakan pada opsi saham metode ini menggabungkan variasi harga saham konstan, harga kesepakatan opsi, nilai waktu uang dan waktu kadaluarsa opsi.

Bahkan dari saking akuratnya dalam penetapan harga opsi model Black Scholes Merton merupakan metode pertama yang banyak digunakan. Metode ini diterapkan untuk menghitung nilai teoritis opsi melalui harga saham saat ini, harga kesepakatan opsi, dividen yang diharapkan, suku bunga, waktu kedaluwarsa dan volatilitas yang diharapkan.

Bisa dikatakan metode penetapan harga opsi ini termasuk yang paling populer di dunia. Awal diperkenalkannya yaitu dalam makalah yang ditulis oleh Black dan Schools pada tahun 1973. Banyak pujian yang diterima dengan adanya metode analisis yang dapat memudahkan dalam penetapan harga opsi.

Asumsi dalam Metode Merton Black Sholes

Metode analisis Merton Black Scholes membuat opsi sebagai berikut:

1. Opsi Eropa dan hanya saat kaluarsa yang bisa digunakan.

2. Saat masa pemakaian opsi tidak ada dividen yang dibayarkan.

3. Pasar efisien.

4. Pembelian opsi tidak dikenakan biaya transaksi.

5. Tingkat bebas risiko dan volatilitas  harus ketahui dan konstan.

6. Aset pokok yang didistribusikan dikembalikan secara lognormal.

Untuk model black-scholes aslinya tidak mempertimbangkan efek dividen yang sudah dibayar selama usia opsi. Membuat pasar yang menjual opsi juga memodifikasi metode ini untuk memperhitungkan efek opsi yang dapat dilakukan sebelum kadaluarsa. Perusahaan an-nahl ternatif model trinomial atau model Bjerksund-Stensland  untuk memberikan harga opsi gaya Amerika yang kini lebih umum.

Formula Black Scholes

Harga saham dikalikan dengan fungsi distribusi probabilitas normal standar kumulatif merupakan hitung rumus opsi panggilan Black Scholes. Kemudian NPV dari harga kesepakatan dikalikan dengan distribusi normal standar kumulatif lalu dikurangi dari nilai yang diperhitungan sebelumnya.