Estimasi model persamaan simultan dapat dilakukan dengan metode persamaan tunggal dan sistem yang didahului dengan identifikasi persamaan menggunakan syarat order dan syarat rank.

Pada prinsipnya estimasi menggunakan persamaan tunggal yang dipakai dengan terpisah pada masing-masing persamaan dalam model persamaan simultan dengan metode Ordinary Least Squares (OLS), Indirect Least Squares (ILS) dan 2SLS.

Two Stage Least Square (2SLS)

Two Stage Least Square (2SLS) termasuk analisis persamaan struktural dan salah satu metode regresi. Dalam perhitungan analisis regresi metode ini merupakan perluasan dari metode OLS yang dipakai saat kondisi korelasi antara error yang dihasilkan dalam model berkorelasi dengan variabel bebasnya.

Metode ini disebut Two Stage Least Square karena terdapat two stage atau dua langkah yang dasarnya merupakan perluasan dari metode OLS (Ordinary Least Square) untuk menyelesaikan persamaan sehingga tidak bias.

Langkah pertama adalah untuk mendapatkan variabel eksogen yang tidak bias dengan menggunakan metode OLS, meregresikan variabel endogen eksplanatori terhadap variabel instrumental variabel dan variabel eksogen lainnya.

Langkah kedua adalah meregresikan variabel endogen dengan variabel endogen eksplanatori bersama variabel lainnya yang sudah tidak bias. Dalam kenyataannya Anda akan menemukan lebih banyak model simultan yang tidak hanya mempengaruhi satu arah, tetapi saling mempengaruhi satu sama lain.

Variabel endogen tidak harus menjadi variabel endogen, ataupun sebaliknya, dimana dalam kondisi bisa menjadi variabel endogen atau eksogen. Misalnya terdapat persamaan dengan variabel endogennya GDP, sebagai berikut:

Persamaan pertama:

GDP = a0+a1*M2+a2*TBR+a3*GFCF+a4*EMPLOY+e1

Persamaan berikut merupakan varaibel M2 yang merupakan variabel endogen dari variabel lainnya:

Persamaan Kedua:

M2=b0+b1*GDP+b2*TBR+b3*CPI+e2

Persamaan di atas tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan OLS karena overidentified dan bisa menghasilkan persamaan bias sehingga metode 2SLS yang mengambil peran.

Pada model TSLS, Anda perlu membuat reduce form untuk model di atas yang merupakan persamaan model variabel endogen kemudian mengekspresikannya dalam bentuk variabel eksogen atau persamaan lainnya.

Anda perlu memasukan intrumental variabel untuk menyelesaikan persamaan pertama: di instrumental list perlu diisikan semua variabel pada persamaan reduce form termasuk konstantanya.

untuk persamaan pertama : cTBR, CPI, GFCF, EMPLOY

untuk persamaan kedua: c TBR,  GFCF,  EMPLOY,  CPI

Metode 3SLS (Three Stage Least Squares)

3SLS (Three Stage Least Squares) merupakan sebuah metode sistem dengan langkah pertama dan kedua menggunakan 2SLS dan langkah ketiga menggunakan SUR (Seemingly Unrelated Regression) dan GLS (Generalized Least Squares).

Penerapan metode 3SLS digunakan untuk persamaan yang memiliki spesifikasi lengkap, non otokorelasi, korelasi contemporaneous dan teridentifikasi berlebihan.

Metode ini dipakai karena informasi variabel endogen dalam model dan korelasi contemporaneous tidak diperhitungkan dalam metode persamaan tunggal. Hanya saja kendala dalam menggunakan metode 3SLS yaitu perhitungannya cukup rumit dan melibatkan data yang besar.

Itu dia perbedaan metode analisis persamaan simultan 2SLS dan 3SLS