Mengenal Software EViews untuk Kebutuhan Analisis Statistik – Data statistik merupakan salah satu bentuk data yang sering dianalisis dalam beberapa kebutuhan pekerjaan maupun bisnis. Proses analisis yang dilakukan harus sangat detail dan menggunakan sistem maupun software yang sesuai. Hal tersebut harus dilakukan dengan sangat baik digunakan sistem yang terukur dan sesuai dengan proses atau prosedur yang tepat pula.

Salah satu hal yang dapat menunjang hal ini ialah penggunaan software atau aplikasi khusus yang isinya merupakan pengaturan atau sistem khusus untuk mengolah data statistik dengan baik dan benar. Jenis software yang digunakan juga tidak bisa sembarangan karena harus memiliki sistem yang memiliki karakteristiknya tersendiri.

Salah satu jenis software yang bisa Anda gunakan ialah EViews. Software ini termasuk program komputer berbasis Windows yang dapat digunakan untuk analisis data statistik dan dapat digunakan sebagai alat komunikasi pada ekonometrika jenis runtun waktu atau time series. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh perusahaan QMS di tahun 1994 dan hingga saat ini sudah terdapat banyak versi dari software ini.

Deskripsi Kata yang digunakan dari nama software ini merupakan singkatan dari Econometrics Views. Berdasarkan kata yang digunakan maka istilah tersebut dapat disimpulkan terdapat banyak alat perhitungan untuk ekonometrika. Alat perhitungan yang dimaksud mulai dari regresi data panel, regresi linear, serta regresi berbasis runtun waktu. Sebagai gambarannya berikut ini terdapat contoh penggunaan software tersebut untuk beberapa kebutuhan:

Software EViews bisa digunakan oleh para peneliti atau akademisi, agen-agen pemerintah, perusahaan, hingga digunakan oleh siswa maupun mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya. para pengguna dapat mengakses alat perhitungan statistik, pemodelan serta peramalan yang menggunakan tampilan antarmuka yang berorientasi objek yang inovatif dan mudah digunakan.

Jenis

Aplikasi ini memiliki beberapa jenis atau edisi lisensi yang terdiri dari edisi student atau akademik, lisensi single user yang dapat digunakan oleh satu pengguna serta edisi komersial. Biasanya untuk edisi student atau akademik akan dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Sementara jenis lainnya memiliki harga yang relatif lebih tinggi dengan fitur yang lebih lengkap.

Manfaat

EViews memiliki manfaat yang dapat dirasakan dalam beberapa kebutuhan. Hal tersebut meliputi analisis inferensial yang sederhana, pembuatan model peramalan, analisis deskriptif serta dapat digunakan analisis multivariat yang rumit. Beberapa hal tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan software yang satu ini.

Kelebihan

Software yang satu ini memiliki beberapa kelebihan yang memberikan Anda kenyamanan dalam penggunaannya. Software ini memiliki user interface yang cukup bagus dan mudah dimengerti oleh setiap penggunanya. Perhitungan akan menggunakan tingkat posisi yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk beberapa jenis perhitungan. Itulah sedikit penjelasan mengenai software EViews yang memiliki banyak manfaat dan sistem yang cukup terukur serta mudah digunakan. Software ini sangat berguna bagi beberapa bidang yang ditemui di tengah masyarakat.