Pelajari Pengertian Dasar dan Fungsi Excel – Dapat mempelajari Excel saat ini menjadi suatu keharusan apabila anda hendak bekerja pada bidang apapun terutama pekerjaan yang berhubungan dengan bidang data, finance, marketing dan juga bidang-bidang yang memiliki kaitan dengan perencanaan budget disertai dengan pelaporan kinerja yang memiliki proses penginputan data. Bahkan saat ini untuk menjadi seorang customer service terkadang diwajibkan memiliki kemampuan untuk dapat mengoperasikan software ini. Sehingga sangat tidak heran apabila banyak proses wawancara kerja yang mempertanyakan mengenai kemampuan dalam pengoperasian software ini sebagai kemampuan yang paling dasar.

Jasa Analisis Data pakai Excel, data diolah analisis valid dengan Excel

Excel merupakan suatu aplikasi yang berupa spreadsheet yang mana dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft corporation untuk dapat digunakan sebagai sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Excel atau disebut juga sebagai Microsoft Excel. aplikasi ini merupakan software yang berada dalam paket Microsoft office. Biasanya software ini digunakan untuk proses pengolahan angka namun juga disertai dengan fitur dan fungsi lainnya. Terdapat fitur function dan formulas yang menjadikannya sebagai suatu hal yang cukup dikenal oleh banyak orang. Umumnya, fungsi dari software ini adalah sebagai aplikasi pengolahan data numerik yang dapat membuat, mengedit, menganalisa dan juga meringkas data yang memiliki sifat numerik. Aplikasi ini pun dapat berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika ataupun statistika.

Lebih spesifiknya lagi Excel memiliki fungsi sebagai berikut.

– Sebagai pembuat daftar laporan keuangan.

– Sebagai pembuat daftar nilai dan daftar hadir

– Untuk operasi perhitungan seperti kali, bagi dan untuk mencari rata-rata.

– Sebagai perhitungan kurs mata uang.

– Sebagai pembuatan grafik serta tabel, diagram garis, diagram batang dan juga diagram lingkaran.

– Untuk membuat penyajian data menjadi lebih tepat, rapi serta akurat.

– Dapat membantu penyelesaian soal logika dan matematika.

Dalam pengoperasian Excel diperlukan beberapa fungsi yang dapat dilihat melalui tab ribbon formulas. Para pengguna pun dapat membuat fungsi baru dengan melakukan klik insert function. Berikut adalah beberapa contoh fungsi atau formula dalam pengoperasian software ini.

– SUM, digunakan untuk menjumlah data angka.

– MAX, digunakan untuk mencari data angka terbesar.

– MIN, digunakan untuk mencari data angka terkecil.

– AVERAGE, digunakan untuk mencari rata-rata data angka.

– POWER, digunakan untuk melakukan pengoperasian perpangkatan.

– Date & Time, digunakan untuk mengolah data tanggal dan waktu.

– Math & Trig, digunakan untuk mengolah data matematika dan trigonometri.

– Statistic, digunakan untuk mengolah data statistik.

– Lookup dan Reference, digunakan untuk mengolah data berdasarkan tabel dan data referensi. Seluruhnya difungsikan berdasarkan kebutuhan dari pengelolaan data yang digunakan. Dan itulah sedikit penjelasan mengenai Excel yang dapat menjadi pengetahuan dasar bagi anda. Semoga bermanfaat. Konsultan Jasa Analisis Data pakai Excel, data diolah analisis valid dengan Excel