Fakta-Fakta Software Maps Gis untuk Analisis Data Penelitian – Perangkat lunak mempunyai banyak sekali manfaat untuk pemenuhan kebutuhan pekerjaan manusia. Perangkat lunak atau software juga berfungsi hebat terhadap olah data dalam sebuah penelitian. Pada penjelasan berikut ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai software bernama GIS.

Yuk pahami penjelasan hingga akhir untuk mendapatkan informasi seputar software ini dan manfaatkan berbagai fitur di dalamnyaApa Itu Software Maps Gis?

Sistem informasi geografis memang dirancang untuk mengambil, mengelola, serta menganalisis semua jenis data-data spasial geografis. Perangkat lunak GIS ini akan memudahkan peneliti untuk menghasilkan peta dengan tampilan grafik yang menarik. Grafik yang dimaksud disini adalah informasi geografis untuk presentasi dan analisa.

Dengan menggunakan software Maps Gis, peneliti akan mudah dalam menangkap hasil dan visualisasi data spasial dalam upaya untuk membangun sistem pendukung keputusan dalam sebuah organisasi atau semacamnya. Fakta-Fakta Software Maps Gis untuk Analisis Data Penelitian

Fitur-Fitur di Dalam Maps Gis

Ada banyak sekali fitur yang ada di dalam Maps Gis. Fitur ini diklasifikasikan dalam bentuk titik, garis, area, atau gambar-gambar raster. Di dalam peta, data kota disimpan dengan simbol titik, jalan sebagai garis, dan batas sebagai area. Selain itu, foto peta atau udara dapat dipindai dan disimpan sebagai bentuk gambar raster.

Fokus Kegunaan Maps GIS

Pada dasarnya, informasi geografis menyimpan indeks spasial yang memungkinkan identifikasi fitur yang letaknya di wilayah sembarang peta. Gis secara cepat akan mengidentifikasi dan memetakan lokasi-lokasi di dalam radius suatu titik atau jalan yang melintas sebuah wilayah.

Fitur di Dalam Aplikasi GIS

Fitur-fitur di dalam aplikasi GIS membuat peneliti leluasa dalam menyelesaikan penelitiannya. Inilah beberapa fitur di dalam Maps Gis yang bisa dimanfaatkan

Peta dan Lapisan

Fitur pertama di dalam aplikasi Maps GIS adalah peta dan lapisan. Wizard peta ini memungkinkan pengguna dalam membuat peta yang siap untuk dipresentasikan. Manajer tampilan yang memungkinkan peta menyesuaikan dengan cepat. Beberapa peta bisa dibuka secara bersamaan, diduplikasi, digabungkan, disinkronkan, ingga diminimalkan.

Terdapat kontrol skala peta undo, hingga skala otomatis lapisan yang memungkinkan penyesuaian skala terlihat.

Visualisasi

Fitur kedua di dalam Maps GIS mencakup pengaturan gaya, opasitas, dan font yang akan digunakan untuk titik, garis, area, hingga gambar, Pola visualisasi tematik didalamnya meliputi warna, kerapatan titik, simbol skala, dan tema prisma 3D. Setiap peta, mempunyai legenda yang bisa diedit secara otomatis.

Visualisasikan gaya dan opasitas yang diinginkan dengan memanfaatkan fitur ini dalam setiap titik, garis, dan area. Software Maps Gis memang mempunyai banyak fitur yang membuat penggunanya semakin leluasa dalam menyelesaikan pekerjaan. Perlu diingat bahwa software ini bisa digunakan sebagaimana mestinya dengan memperhatikan kontrol di setiap fungsi fitur. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal.