Memahami Olah Data Menggunakan Software Lisrel – Penelitian adalah salah satu kegiatan untuk menemukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Di dalam penelitian, biasanya menggunakan banyak software untuk mengolah data. Salah satu software yang sering digunakan adalah Lisrel.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai software Lisrel, kegunaan, serta kelebihannya Software Lisrel

Lisrel merupakan salah satu perangkat lunak yang dikembangkan untuk mengolah data SEM (Structural Equation Modelling). Memang benar jika dalam pengolahan data SEM ini banyak yang mengatakan rumit jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun, ketika SEM ini diolah dengan bantuan software Lisrel, peneliti akan mendapatkan hasil terbaik.

Mengapa Harus Menggunakan Software Lisrel?

Software membawa banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan oleh peneliti. Berikut adalah kelebihan dari software ini

Mudah Digunakan

Kelebihan pertama, Lisrel mudah digunakan oleh para peneliti. Software ini dibuat oleh Karl Joreskog dan Dag Sorbom. Software ini mampu untuk memberikan beberapa opsi pengoperasian yang sangat variatif. Karena opsi yang beraneka ragam inilah Lisrel mampu menjangkau banyak kalangan.

Peneliti pemula hingga praktisi profesional bisa mengakses Lisrel dengan mudah. Bagi pemula, opsi Simplis atau Simple Lisrel direkomendasikan untuk digunakan. Disisi lain, untuk peneliti yang mahir direkomendasikan untuk menggunakan syntax.

Mempunyai Banyak Metode Estimasi

Lisrel ini mempunyai banyak metode estimasi. Dengan menggunakan software ini, pengguna tidak harus terpancang pada satu metode estimasi saja. Dengan demikian, pengolahan data pun juga bisa lebih mudah untuk dilakukan. Pilihan estimasi yang banyak dan beragam juga akan memudahkan pengguna dalam mengolah data dengan sampel jumlah data yang banyak.

Metode yang variatif akan membuat olah data menjadi fleksibel dan tidak bergantung pada satu metode estimasi saja. Inilah yang menyebabkan peneliti bisa lebih menghemat waktu dalam melakukan olah data.

Cocok Digunakan untuk Covariance Based SEM

Di dalam penerapannya, SEM dibagi menjadi 2 jenis. Adapun jenis-jenisnya adalah Covariance Based SEM (CB-SEM) dan Variance Based SEM (VB SEM atau PLS).Masing-masing jenis SEM mempunyai kecenderungan yang cocok dengan software-software tertentu.

Adapun contohnya adalah VB SEM, lebih cocok diolah dengan menggunakan software Smart PLS atau TETRAD. Untuk LISREL sendiri, software ini cenderung lebih cocok dengan CB SEM. Hal yang perlu diketahui jika pada dasarnya, CB SEM ini adalah sebuah jenis SEM yang mensyaratkan korelasi antara indikator dan konstruksi pada data mentahnya.

Biasanya, CB SEM ditujukan untuk memperkirakan model struktural berbasis dengan analisis teori yang kuat. Tujuannya adalah untuk mengetes hubungan sebab akibat setiap konstruksi.

Tanpa Adanya Path Diagram

Kelebihan yang terakhir, Lisrel memang memudahkan pengguna untuk tidak lagi menggambarkan path diagram. Hal tersebut akan memudahkan proses olah data termasuk saat melakukan estimasi. Pada umumnya, estimasi data akan sulit dilakukan karena adanya keterbatasan di layar pengguna.. Akan tetapi, Lisrel bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menyajikan path diagram secara otomatis dengan notasi. Itulah penjelasan lengkap terkait Lisrel dan kelebihannya. Gunakan software ini semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan penelitian masing-masing. manfaatkan setiap fitur di dalam software yang beraneka ragam, mempercepat skripsi tesis anda.