Generall statistik atau genstat merupakan suatu aplikasi pengolah data untuk statistika yang biasanya diwujudkan untuk lahan pertanian. Adapun aplikasi ini pertama kali dicetuskan oleh John elder yang selanjutnya dikembangkan oleh vsn internasional dan dirilis pada tahun 2017. Namun, aplikasi ini hanya dapat dibuka dengan menggunakan OS Windows serta hanya menyediakan dalam bahasa Inggris.

Fungsi dari Genstat adalah untuk mengelola data yang cocok untuk file Excel, menggambarkan data dengan menggunakan grafik, melakukan pengolahan data dan juga untuk membandingkan data. Selain itu fungsi dari aplikasi ini adalah untuk dapat mengubah data. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur hubungan antara variabel dan juga beberapa fitur analisis-analisis yang lain.

Pada tahun 1968, aplikasi ini dikembangkan oleh Rothamsted Research yang dilakukan di Inggris, yang mana aplikasi ini dirancang agar dapat menyediakan antarmuka yang ramah pengguna, desain modular serta memiliki model campuran linear dan fungsi grafis. Hingga saat ini, generall statistik telah dirilis single versi 11. Akan tetapi, untuk negara-negara yang sedang berkembang atau third countries akan diberikan secara bebas di dalam bentuk discovery edition with agreement.

Untuk entri data dapat juga dilakukan dengan menggunakan Genstat atau dapat melakukan copy paste dengan menggunakan Microsoft Excel. Dalam penyiapan data, terdapat tiga hal penting yang perlu untuk dipahami. Yaitu factor, variate, dan text. Biasanya untuk factor dapat ditandai dengan tanda seru (!). di dalamnya terdapat identifikasi perlakuan dan blok. Yang mana perlakuan dapat berupa label yang merupakan peubah kualitatif dan level yang merupakan peubah kuantitatif.

Yang kedua, variate merupakan untuk peubah tak bebas atau Y yang mana di dalamnya terdapat data hasil pengukuran atau observasi. Dan yang ketiga adalah text.  Teks ini menyatakan entri data di dalam bentuk teks atau label baik untuk perlakuan, blog ataupun untuk data hasil.

Untuk berhasilnya penggunaan Genstat di dalam analisis ragam data penelitian diperlukan pemahaman mengenai treatment structure dan juga block structure. Adapun struktur blok atau blog structure ini merupakan bagian yang berkaitan dengan tata cara pengaplikasian dari perlakuan atau kombinasi perlakuan pada unit percobaan. Yang mana hal ini menjadi sama dengan rancangan percobaan atau eksperimental design. Adapun struktur perlakuan atau treatment structure ini merupakan suatu hal yang berkaitan dengan perlakuan atau kombinasi perlakuan yang perlu untuk diteliti atau ditentukan tujuan penelitiannya. Yang mana hal ini menjadi sama dengan rancangan perlakuan. Adapun aturan dasar yang sering dilakukan dalam pengembangan rumus baik untuk block structure dan treatment structure adalah sebagai berikut.

Itulah penjelasan mengenai aplikasi Genstat yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dalam pengelolaan data. Semoga bermanfaat