Mengenal Lebih dalam Terkait Lingo dan Kegunaanya –  Dalam konsep penelitian, tentu saja tidak terlepas dari adanya metode dan aplikasi analisis. Adapun salah satu aplikasi atau software terbaik untuk analisa bernama Lingo, sangat direkomendasikan untuk peneliti dalam pengolahan data. Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai metode, rumus, kegunaan, dan pembuat aplikasi ini

Apa Itu Lingo?

Lingo merupakan software sederhana yang digunakan untuk optimasi linear dan non linear. Software ini digunakan untuk menghitung banyaknya masalah dengan waktu singkat. Lingo cocok digunakan untuk memecahkan dan menganalisa masalah terkait. Subjek penelitian yang cocok untuk analisa menggunakan software ini adalah model LGP yang digunakan dalam penyelesaian masalah penjadwalan perawat.

Bagaimana Cara Menginstall Lingo?

Untuk memasang software Lingo pada windows, tempatkan CD ke Drive yang sesuai. Jalankan instalasi program pada Lingo Folder. Sebagai alternatif, jika kamu mendownload Lingo dari website Lindo, maka instalasi program download dan klik dua kali untuk menjalankannya. Usahakan laptop yang akan digunakan mampu untuk menjalankan aplikasi ini.

Kelebihan Lingo sebagai Media Software Analisis

Ada banyak kelebihan Lingo yang yang dapat Anda manfaatkan dalam proses analisis data. Jika ada orang yang mengatakan bahwa software ini sulit untuk digunakan, maka pernyataan tersebut dapat dikatakan salah besar. Inilah beberapa kelebihan Lingo yang bisa Anda maksimalkan dalam penelitian. Analisis Data Lingo

Mudah Dipahami

Pengguna memang diharuskan untuk memahami model matematis yang nantinya akan diterapkan ke dalam Lingo Code. Adapun perulangan seperti @for yang berarti konstrain diulang sebanyak yang dimau oleh pengguna.

Disisi lain, @sum digunakan untuk parameter variabel yang akan dijumlahkan berdasarkan indeksnya. Secara singkat, proses codingnya akan hampir sama dengan model matematika yang akan diselesaikan.

Powerful

Lingo mempunyai banyak kekuatan dalam penyelesaian variasi masalah. Teknik solusi yang digunakan pada software ini adalah metode eksak. Di dalam software ini juga mempunyai fitur-fitur yang kuat untuk model non linear. Model yang mengandung persamaan non linear ini dianggap susah dalam penyelesaiannya.

Ini dikarenakan peneliti pasti akan terjebak dalam local optimum. Di dalam software ini terdapat fitur fasilitas seperti global solver and linearization yang bisa dimaksimalkan.

Dapat Diintegrasikan dengan Ms. Excel

Lingo bisa diintegrasikan ke dalam Ms. Excel. Ini tentu akan memudahkan peneliti dalam menganalisis hasil output tanpa mengkopi satu persatu. Jika dikombinasikan dengan VBA Excel, Lingo dapat langsung dipanggil dengan excel sebelumnya yang sudah berisi data-data inputan. Itulah penjelasan lengkap terkait software Lingo dalam pengolahan data Skripsi Tesis Disertasi. Secara garis besar, tidak ada rumus sempit yang ada di dalam software ini. Melakukan instalasi dan ketahui apa saja fitur yang ada di dalam Lingo. Maksimalkan semua fitur dalam software untuk menyelesaikan permasalahan-permasalah data yang ditemui.