R-Studio Statistik merupakan program pengolah data yang banyak digunakan oleh perusahaan ataupun mahasiswa. Program ini mampu mengolah dan menganalisis data yang nantinya menyajikan informasi dalam bentuk statistika deskriptif.

Dari saking bagusnya program statistik ini dalam pengolahan data, ia masuk 10 bahasa pemrograman  terpopuler di Indonesia. Alasan lainnya karena program ini dikembangkan secara open source sehingga dapat digunakan secara legal dan gratis. R-Studio untuk Mengolah Data Skripsi Tesis Disertasi , Kegunaan dan Langkah Penerapannya

Penerapan R-Studio dalam Pengolahan Data

Disebut sebagai bagai program pengolah data yang memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak main-main serta terbilang sebagai program-program populer dan menarik. Maka sangat disayangkan apabila Anda tidak mengetahui langkah-langkah penerapannya. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan yaitu:

Mempersiapkan Data yang akan Dianalisa

Program ini memang Unggul dalam mengolah dan menganalisa data dengan jumlah banyak. Kemampuannya yang demikian menunjukkan bahwa program ini layak dipakai dalam pengolahan data yang kompleks. Terlebih program ini dapat menunjukkan informasi dalam bentuk statistika deskriptif.

Oleh karena itu langkah pertama yang perlu Anda siapkan untuk memulai menggunakan program ini yaitu memasukkan data kedalam program dan memastikannya tersimpan dalam format yang dibutuhkan, biasanya menggunakan Excel. R-Studio untuk Mengolah Data Skripsi Tesis Disertasi , Kegunaan dan Langkah Penerapannya

Download dan Install R & R-Studio

Langkah selanjutnya tentu anda harus mendownload dan menginstal program R- studio ini agar bisa memanfaatkannya untuk pengolahan data. Tidak perlu khawatir dalam pengeluaran biaya karena program ini bersifat gratis dan legal di halaman resminya.

Hanya saja perlu diperhatikan Anda harus mengupdate dan melakukan perbaikan sistem hanya di halaman resmi nya juga. Tidak hanya itu untuk mengunduh program Anda harus menyesuaikannya dengan sistem komputer Anda.

Setelah langkah pengunduhan Anda harus menginstall program ini ke dalam PC. Apabila proses ini sudah dilakukan dengan benar biasanya akan muncul icon pada desktop.

 Import Data

Langkah yang terakhir Anda harus memasukkan data ke dalam program R Studio. Tentukan data yang ingin diolah lalu kalau kamu lakukan import. Output yang dihasilkan dari program ini yaitu grafik, mean, diagram dan lain sebagainya. Jangan lupa setelah melakukan proses ini simpan data dalam bentuk yang diinginkan.

Walaupun terdengar mudah tapi tidak bisa dipungkiri bahwa masih saja ada para pekerja atau mahasiswa yang kesulitan dalam menggunakan program statistik ini. Oleh karena itu memahami langkah-langkah penggunaan program ini sangat penting. Apalagi Anda yang seringkali membutuhkan program pengolah data yang efektif dan efisien. R-Studio untuk Mengolah Data Skripsi Tesis Disertasi , Kegunaan dan Langkah Penerapannya

Jadi, sangat disayangkan apabila Anda tidak menggunakan program pengolah data ini karena selain memiliki banyak kelebihan dalam prosesnya, Anda juga bisa mengunduh dan menginstalnya secara gratis dan legal. Jadi keamanan dalam menggunakan program ini sangat dijamin terlebih dalam kemudahannya saat bekerja menganalisis dan mengolah data secara maksimal untuk kebutuhan pekerjaan dan tugas Anda. Itulah pembaca kegunaan sekaligus langkah-langkah dalam menggunakan program R-studio ini.