Dalam memeriksa persediaan barang serta memastikannya untuk tetap stabil di sebuah perusahaan maka dibutuhkan sebuah sistem atau metode yang terkontrol dengan baik. salah satu metode yang dapat diterapkan ialah metode Fuzzy. Metode ini merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengontrol bahan baku yang akan dipesan.

Diantara beberapa jenis dari metode ini terdapat salah satu jenis yang sangat tepat untuk digunakan di sebuah perusahaan yaitu Fuzzy Inventory Control. Metode ini akan bergantung pada besaran kebutuhan, jumlah safety stock, hingga lead time yang tersedia. Nantinya Anda bisa menentukan jumlah pemesanan bahan baku.

Selain itu, titik pemesanan kembali atau reorder point di setiap periode bisa menggunakan metode ini sehingga permasalahan sebuah perusahaan dibidang inventory control bisa lebih teratasi. Metode Fuzzy Inventory Control (FIC) akan membantu mengatasi masalah persediaan yang terlalu kecil sehingga menimbulkan masalah berupa kekurangan persediaan di waktu-waktu tertentu.

Terkadang persediaan yang terlalu banyak juga akan menimbulkan tambahan biaya yang cukup tinggi sehingga perusahaan cenderung mendapatkan biaya produksi yang terlalu tinggi. metode ini digunakan untuk menentukan jumlah pemesanan bahan baku yang optimal sehingga persediaannya tetap minimum.

Penggunaan FIC

Salah satu pertimbangan metode Fuzzy Inventory Control digunakan karena merupakan salah satu model persediaan yang sesuai dengan kondisi permintaan yang fluktuatif. Metode tersebut bisa menjadi kendali terhadap persediaan agar tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. penggunaannya dapat menangani masalah permintaan yang dinamis dengan menggunakan model stokastik yang rumit.

Data yang digunakan berupa data riil yang ada pada situasi yang akan dikaji. metode tersebut harus melalui proses penelitian dan analisis khusus agar bisa memperoleh hasil yang sangat sesuai. Jenis penelitian yang dapat dilakukan bisa berupa penelitian pre eksperimental dan analisis yang bisa digunakan ialah metode deskriptif analitik.

Proses Penerapan Metode Umumnya metode Fuzzy Inventory Control akan dirancang secara khusus itu kemudian diterapkan dengan proses tertentu. Metode nya akan dirancang berdasarkan data pembelian dan pemakaian sebuah barang dalam periode tahun tertentu. Selanjutnya akan diujicobakan terhadap beberapa data penggunaan yang berbeda dan pada tahun yang berbeda pula.

Nantinya model FIC dapat membantu menurunkan jumlah persediaan rata-rata menjadi berada pada presentasi khusus bahkan bisa mencapai 85%. Pada jenis data tertentu maka dapat menaikkan hingga 30%. Secara umum metode ini bisa menurunkan nilai persediaan, menaikkan turn over ratio, dan menurunkan biaya persediaan di perusahaan.