Fuzzy Time Series merupakan suatu metode yang diperkenalkan oleh Song dan Chissom (1993) yang dapat digunakan untuk meramalkan masalah pada data historis yang terbentuk dalam nilai linguistik. Metode Fuzzy Time Series merupakan suatu metode yang fleksibel yang menangkap pola dari data yang telah lalu kemudian digunakan untuk memproyeksikan data yang akan datang dan mudah dimengerti . Beberapa metode peramalan mensyaratkan peramalan harus memenuhi asumsi – asumsi tertentu, pada kenyataannya tidak semua data historis memenuhi asumsi – asumsi tersebut sehingga Lotfi A. Zadeh (1965) mengembangkan metode Fuzzy Time Series untuk dapat melakukan peramalan tanpa harus mensyaratkan asumsi tersebut dan lebih menghemat waktu.

Chen pada tahun 1996, memperkenalkan metode peramalan dengan menggunakan metode Fuzzy Time Series. Metode ini memiliki perbedaan pada data yang digunakan untuk peramalan dengan metode peramalan time series biasa atau konvensional. Fuzzy Time Series Chen merupakan metode fuzzy yang efektif menentukan panjang interval berbasis rata rata atau average based. Dalam menentukan peramalan, Fuzzy Time Series Chen memiliki beberapa aturan

Metode Fuzzy Time Series (FTS) yang melibatkan beberapa faktor adalah Metode High Order Fuzzy Time Series Multi Factors. Sebelum periode yang akan diramalkan dalam proses pembentukkan Fuzzy Logical Relationship (FLR) metode tersebut memengaruhi peramalan berdasarkan beberapa periode waktu.

Metode High Orde Fuzzy Time Series merupakan pengembangan dari metode Fuzzy Time Series dengan menggunakan orde tinggi ( High Order ). Fuzzy Time Series merupakan model peramalan fuzzy logic yang memiliki struktur yang sederhana, umumnya Fuzzy Time Series tidak cukup untuk menjelaskan hubungan yang lebih kompleks. Untuk itu, Chen (2002) mengusulkan sebuah pendekatan metode baru yang dapat menganalisa hubungan yang lebih kompleks, yaitu dengan menggunakan model peramalan High Order Fuzzy Time Series.

Pembentukkan subinterval yang berfungsi dalam pendefinisian fuzzy set pada metode ini dilakukan dengan menggunakan teknik klasterisasi fuzzy C-means. Berikut langkah Metode High Order Fuzzy Time Series Multi Factors:

Melakukan Perhitungan Universe of Discourse (U).

Pada data sampel, sebelum menghitung nilai U terlebih dulu menghitung nilai mean (rata –rata) yang ditunjukkan pada persamaan (1). Setelah itu pada persamaan (2) menghitung nilai standar deviasi (????)  dan pada persamaan (3) menghitung nilai U.