Metode regresi merupakan jenis metode yang sering digunakan untuk melakukan penelitian statistik. Metode ini menggabungkan antara satu atau lebih variabel independen atau variabel bebas, nantinya akan ada beberapa kategori yang tersedia, yakni 0 dan 1.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai metode ini, berikut adalah penjelasan singkat mengenainya. Anda yang tertarik untuk menggunakan metode ini semoga bisa membantu pemahaman mengenai teknis dan tujuan penggunaan metode dengan lebih rinci.

Tujuan Menggunakan Metode Regresi Data

Ada beberapa tujuan ketika mengunakan metode regresi data panel dengan intervening, diantaranya adalah:

  1. Menghitung Peluang

Metode ini cocok jika Anda hendak melakukan penelitian statistic mengenai probabilitas. Persamaan yang digunakan adalah persamaan yang didapatkan dari proses penghitungan peluang responden di luar respoden yang telah dipilih. Nantinya variabel menggunakan bentuk pertanyaan atau nomor angka sesuai kebutuhan.

  • Melihat Karakteristik

Berikutnya adalah melihat karakteristik suatu objek yang digunakan, misalnya terdapat perbedaan antara dua kelompok. Nantinya setelah hasil penelitian didapatkan, diketahui alasan kenapa objek penelitian memilih variabel pertama atau kedua yang Anda siapkan sebelumnya.

  • Faktor Suatu Kasus

Dalam metode regresi data panel dengan intervening yang ada, tujuan penggunaan ini bisa dipakai untuk mengembangkan tujuan atau alasan mengenai suatu kasus yang menjadi objek penelitian. Hasil dari penelitian akan menampilkan rasio hasil yang tinggi sesuai dengan data yang sudah didapatkan.

Menghitung Metode Regresi Data Panel

Untuk melakukan perhitungan dari data yang sudah didapatkan, digunakan SPSS atau software minitab untuk hasil yang lebih akurat. Berikut merupakan rumus atau variabel yang digunakan untuk melakukan penghitungan, diantaranya:

  1. Konstanta

Konstanta diguankan untuk membedakan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Nantinya konstanta akan membantu proses analisis yang telah didapatkan dari data.

  • Koefisien

Dalam metode regresi data panel dengan intervening, Anda juga menggunakan koefisien yang disimbolkan dengan huruf alphabet besar dan kecil. Persamaan akan dilakukan untuk mendapatkan nilai koefisian yang akurat.

  • Membuat Persamaan

Terakhir Anda bisa membuat persamaan dari berbagai data yang sudah didapatkan. Persamaan bisa dihitung berdasarkan peluang antara kondisi variabel yang sudah didapatkan sebelumnya.

Misalnya, Anda menggunakan penentuan layak dan tidak layak sebagai variabel, nantinya data yang sudah ada dimasukkan dan dianalisis menggunakan persamaan. Jika sudah, setiap data nantinya akan masuk ke dalam variabel layak ataupun tidak layak.

Demikianlah berbagai informasi mengenai metode regresi data panel dengan intervening yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penelitian. Jika Anda tertarik menggunakan metode tersebut, ada baiknya mendalami lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, akurat dan sesuai dengan data yang ada di lapangan.