Sejumlah kegunaan dari adanya program NVIVO dapat mempermudah proses penelitian dan menghemat waktu bagi peneliti. Melalui aplikasi NVIVO ini laporan analisis data yang dihasilkan nantinya juga dapat tersampaikan dengan lebih subjektif.

Nvivo dapat Anda manfaatkan sebagai metode riset kualitatif dengan menggunakan koding tree. Tentu saja tidak ada salahnya apabila ingin memakai metode tersebut saat melakukan sebuah penelitian. Terlebih ada banyak fitur yang tersedia.

Mengenal Koding Tree di Nvivo

Apabila ingin melakukan pengolahan data kualitatif secara kredibel, maka Nvivo adalah solusinya. Yakni sebuah aplikasi khusus yang dapat Anda gunakan untuk mengolah data kualitatif. Pengguna juga dapat memanfaatkannya untuk menganalisis data kualitatif memakai sistem otomasi analisa data kualitatif.

Umumnya, kualitatif tersebut dapat mengolah data dengan cara mereduksi data, membuat tabulasi data, memberikan coding pada data, memverifikasi data manual, hingga menyajikan data. Dengan begitu, tentu ada banyak penggunaannya.

Nvivo sendiri dapat Anda manfaatkan sebagai alat bantu peneliti dengan tujuan melakukan penelitian data kualitatif agar memperoleh data secara tepat. Umumnya, software tersebut berguna bagi dosen dalam sebuah universitas untuk penelitian tertentu.

Baca Juga Ketahui metode Entry Age Normal Tipe Constant Dollar

Berbagai Fitur untuk Mengolah Data di Nvivo

Setelah mengetahui lebih jauh tentang software Nvivo, maka kurang lengkap rasanya apabila masih belum memahami mengenai berbagai fitur lengkapnya. Oleh sebab itu, pastikan mempelajari dahulu beberapa fitur perangkat lunak tersebut di bawah ini:

  1. Create New Project

Merupakan fitur pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengolah data di Nvivo. Fitur tersebut dapat bermanfaat untuk membuat pekerjaan baru. Jangan lupa juga untuk memberi nama riset atau penelitiannya. Jika sudah, maka masukkan file literaturnya.

Pada proses tersebut, tidak ada salahnya juga apabila Anda memanfaatkan fitur Import. Gunanya adalah untuk memasukkan data eksternal, memos, dan internet. Data-data tersebut dapat diimport dalam bentuk gambar, PDF, dan dokumen.

  • Fitur Query

Yakni sebuah fitur yang memuat fasilitas Text Search. Tujuannya adalah untuk mencari kata-kata sama dalam sebuah data. Terdapat pula Word Frequency dapat Anda manfaatkan untuk mencari kata-kata paling sering muncul pada semua data.

Query sendiri termasuk salah satu fitur yang sangat cocok untuk Anda gunakan dalam proses analisis kecenderungan kata. Tentu akan lebih mudah dalam memperoleh data apabila memanfaatkan berbagai fitur di Nvivo secara maksimal.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai koding tree di Nvivo beserta berbagai fiturnya yang dapat Anda ketahui. Hingga saat ini sendiri ada banyak orang sudah menggunakan aplikasi tersebut untuk memproses data secara efektif dan akurat.