Saat ini prakiraan cuaca menjadi hal yang sangat penting bagi sebagian orang. Pasalnya, dengan mengetahui cuaca kedepannya, kita dapat memprediksi apa yang hendak dilakukan setelahnya.

Apakah harus membawa payung atau tidak. Apakah harus menunda perjalanan jauh karena cuaca buruk dan pertimbangan lainnya. Untuk itu mengelola data dan menjadikannya sebagai alternatif jawaban sementara atas dugaan kita akan sangat membantu kedepannya.

Oleh karena itu, dibutuhkan metode yang tepat untuk melakukan prediksi ini. Dan salah satu teknik yang biasa digunakan adalah Metode Top K Association Rules Mining. Metode ini dianggap cepat dan akurat dalam menyelesaikan masalah prakiraan cuaca.

Apa Itu Metode Top K Association Rules Mining?

Perlu Anda ketahui sebelumnya, Metode Top K Association Rules Mining adalah salah satu metode data mining yang digunakan untuk mengidentifikasikan hubungan antar item yang ada. Dalam pengerjaannya, metode ini membutuhkan algoritma untuk mencqri kandidat dari item yang hendak didapatkan.

Dan salah satu algoritma yang biasa digunakan adalah apriori. Keuntungan dari metode dan algoritma ini adalah dapat digunakan dengan mudah dan sederhana dengan data yang besar. Berbeda dengan algoritma lainnya yang kurang mampu menangani data dengan kapasitas banyak.

Proses Mengelola Metode Top K Association Rules Mining

Jika Anda mengambil Metode Top K Association Rules Mining sebagai bahan untuk meneliti, ada dua tahap proses yang perlu Anda ketahui. Yaitu proses data pelanggan menggunakan algoritma K-Means clustering dan data transaksi pembelian menggunakan algoritma Apriori.

Seperti contohnya, ketika Anda hendak mengambil penelitian sistem rekomendasi produk pada suatu website penjualan online. Anda akan mendapatkan data dari K-Means clustering berupa sebauuh data semnetasi pelanggan yang nantinya akan berguna untuk membagi kategori yang ada.

Anda dapat menyelesaikannya sesuai dengan metode RFM (Recency, Frequency, dan Monetary). Sedangkan pada algoritma apriori, Anda akan mendapatkan data berupa hasil pola transaksi yang dilakukan konsumen ketika melakukan pembelian.

Sehingga nantinya sistem penjualan dapat memberikan rekomendasi produk apa saya yang hendak dibeli. Konsumen akan mendapatkan data sesuai dengan pola transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya.

Metode Top K Association Rules Mining akan memudahkan kita untuk mengetahui proses dari pengolahan segmentasi data pelanggan pada suatu website situs online. Hal ini juga berpengaruh pada sistem penawaran barang untuk meningkatkan penjualan barang pada situs tersebut.

Sehingga konsumen akan terus menerus dibombardir dengan berbagai barang yang dimiliki toko online terus sesering mungkin. Sehingga kita juga bisa tahu bahwa pola konsumsi seperti ini juga tidak baik.

Dan Anda dapat mengetahuinya dari metode ini untuk memperluas daya kritis kita terhadap apa yang hendak dibeli. Itulah penjelasan mengenai Metode Top K Association Rules Mining. Semoga membantu!