Apakah Anda merupakan orang-orang yang punya pekerjaan ataupun tengah menempuh pendidikan dengan ada kaitannya mengenai analisis statistika. Apalagi para pengguna ini punya kewajiban dalam penggunaan grafik receiver operating karakteristik dan area vector cover atau dikenal dengan ROC dan AUC.

Apa itu ROC?

ROC ini merupakan singkatan dari Receiver Operating Caracteristic rupanya adalah kurva yang akan disajikan dengan beberapa ilustrasi performansi. Berasal dari binary classifier system agar mampu menghasilkan sebuah prediksi.

Lalu kurva ROC sendiri juga akan diperoleh dengan cara membuat floating dari true positif rate terhadap false positif rate. Sedangkan pada prakteknya sendiri tentu harus pakai data set dengan artikel sebelumnya.

Data set itu akan berisi dalam memprediksi apakah seseorang itu punya kemungkinan cukup tinggi bisa terkena beberapa penyakit tertentu.

Apa Sebetulnya AUC Itu?

Istilah seperti ini sebetulnya jadi singkatan dari Area Undercover. Masuk ke dalam grafik yang akan menggambarkan probalitas dengan adanya variabel sensitif beserta kekhususan. Sedangkan untuk nilai batasnya yaitu antara 0 sampai 1 saja.

Sebetulnya area yang ada di bawah kurva itu akan memberi suatu bayangan mengenai keseluruhan dari pengukuran. Atas semua kesesuaian jika berasal dari model.

Penggunakan Software Stata dan Manfaatnya

Stata sebetulnya merupakan nama yang berasal dari gabungan antara kata statistika dan juga data.

STATA merupakan program statistik dengan fungsi statistik, ekonometrik, sosiometrik yang relatif lengkap dibandingkan software statistik lainnya. Selain dapat digunakan untuk data yang crosssection,  times series dan panel , STATA mampu mengolah data dengan jumlah variabel yang cukup banyak atau dengan jumlah observasi yang besar. Stata merupakan sebuah program komputer untuk bisa menganalisis statistika. Kemudian perangkat lunak ini pun juga ada rancangan dalam keperluan banyak bidang.

Ada yang dari industri ekonomi, epidemiologi, sosiologi dan lain sebagainya. Sedangkan untuk fitur-fiturnya sendiri adalah grafika, pemrograman, manajemen data, analisis statistika lalu ada simulasi. Lalu ada banyak kelebihan dari penggunaan software ini, seperti:

  • Semua pengguna bisa mengetik perintah. Maka itu membuktikan jika seluruh proses analisis statistik bisa pakai perangkat lunak ini.
  • Stat juga mampu menjadi tempat menganalisis data survei. Misalnya saja, dari pengambilan sampel.
  • Pengambilan dari sampel data juga tidak akan secara acak.

Itulah sekilas informasi mengenai penggunaan dari grafik ROC dan AUC pada software STATA. Karena masuk ke dalam kategori perangkat lunak paling banyak terpakai, artinya kedua metode simulasi ini gampang sekali penerapannya.