Salah satu perangkat lunak terkemuka yang sering berguna sebagai aplikasi industri dan bisnis adalah software simulasi Anylogic. Tentu saja ada banyak fungsi dan kegunaan dari software tersebut karena memang penggunanya sudah berada di berbagai negara.

Apa Itu Simulasi Anylogic?

Perlu Anda ketahui bahwa Anylogic Simulation Software merupakan perangkat lunak simulasi untuk aplikasi industri dan bisnis. Hingga saat ini sendiri penggunanya di seluruh dunia mencapai lebih dari 40% perusahaan Fortune 100.

Tidak hanya itu, model perangkat lunak ini memungkinkan penggunanya baik itu manajer, insinyur, maupun analis untuk memperoleh wawasan lebih banyak sekaligus mengoptimalkan proses dan sistem kompleks di berbagai bidang industri.

Mulai dari transportasi, manufaktur, logistik, kedirgantaraan, pertambangan, hingga pertahanan. Software ini sendiri berhasil dikembangkan oleh The Anylogic Company. Yakni salah satu perusahaan perangkat lunak multinasional yang sudah beroperasi di Eropa dan Amerika Serikat.

Pemodelan Anylogic Simulations Software

Analogyc software memungkinkan setiap pengguna untuk mengembangkan model metodologi modern. Dengan begitu, penggunaannya dapat bermanfaat pada bidang bisnis ataupun industri dengan kompleksitas apa saja. Di bawah ini beberapa pemodelan tersebut:

  1. Berbasis Agen

Pemodelan yang berbasis agen akan lebih fokus pada komponen aktif individu. Saat menggunakannya, maka perlu mengidentifikasi dan menentukan perilaku. Contohnya seperti kendaraan, rumah tangga, orang, peralatan, perusahaan, produk atau apapun.

Hanya saja memang perlu relevan dengan sistem. Nantinya perlu menentukan juga koneksi tersebut, variabel lingkungan kemudian baru bisa menjalankannya. Tentu saja terbilang cukup mudah untuk melakukannya. Tetapi, tidak ada salahnya juga memilih pemodelan lainnya.

  • Dinamika Sistem

Jenis pemodelan lain yang ada pada software Anylogic adalah dinamika sistem. Pemodelan satu ini sendiri termasuk sebagai metode abstrak dari sebelumnya. Pasalnya, penggunaannya akan mengabaikan detail halus dalam sebuah sistem.

Contohnya seperti orang, peristiwa, produk, dan menghasilkan representasi umum dalam sebuah sistem secara kompleks. Untuk pemodelan ini sendiri dapat Anda gunakan untuk jangka panjang sekalipun. Tentu saja sangat cocok untuk memahami hubungan kompleks dalam bidang usaha.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai simulasi Analogic yang bisa Anda ketahui. Hingga saat ini, perangkat lunak tersebut tentu masih banyak penggunanya. Apabila ingin memakainya, maka pastikan menentukan dahulu apa jenis pemodelannya.