Metode Rhino dan Grasshopper dibuat oleh David Rutten di Robert McNeel & Associates, Grasshopper merupakan bahasa pemrograman visual dari aplikasi Rhinoceros 3D Computer-Aided Design atau CAD.

Adapun versi pertama dari Grasshopper yang kemudian disebut Explicit History, dirilis pada September 2007. Dimana Grasshopper telah menjadi bagian dari perangkat Rhino standar di Rhino 6.0 dan yang lebih barunya.

Grasshopper digunakan untuk membangun algoritma generatif, seperti untuk seni generatif. Banyak komponen Grasshopper untuk membuat geometri 3D. Program ini juga dapat berisi berbagai jenis algoritme lain termasuk numerik, teks, audio-visual dan juga aplikasi haptik.

Berikutnya penggunaan lanjutan dari Grasshopper termasuk pemodelan parametrik untuk rekayasa struktural, juga pemodelan parametrik untuk arsitektur dan fabrikasi, hingga analisis kinerja pencahayaan untuk arsitektur ramah lingkungan dan konsumsi energi bangunan.

Grasshopper sendiri bukanlah perangkat lunak yang banyak disukai oleh para desainer. Hal ini karenakan terlalu rumit, bertele-tele dan terkesan harus advance. Di luar itu, software Rhino dan Grasshopper juga kerap mengalami perubahan. Bahkan dalam versi terbarunya, Command Rhino juga banyak mengalami perubahan.

Begitu juga dengan komponen Grasshopper yang banyak berevolusi. Kemudian banyak plug-in baru yang menyebabkan tutorial Grashopper versi lama, banyak yang tidak berlaku lagi. Sekalipun hanya pemahaman umum, untuk memahami Grasshopper diperlukan pemahaman logika pemrograman.

Bahkan tidak jarang penggunanya harus memahami bahasa matematika dan kalkulus. Meski begitu, Anda masih bisa mempelajari dan melakukan beberapa persiapan, seperti, mengunduh serta meng-install program ke komputer atau laptop yang sebaiknya memenuhi standar spesifikasi.

Adapun bagian terpenting dari Grasshopper adalah Canvas dan Component. Dimana Canvas merupakan layar berwarna abu muda tempat Anda akan “menggambar” atau “menulis” script. Kemudian Component semacam “lego” yang disusun menjadi sebuah script yang dikenal dengan istilah “definition”.

Dari setiap Component memiliki nama, tombol input, dan tombol output, yang penampilannya seperti baterai yang bila disambung satu sama lain. Kemudian akan membentuk kalimat pemrograman yang panjang.