Analisis Multidimensional Scaling (MDS) adalah teknik multivariat yang bisa Anda lakukan guna menemukan titik koordinat data yang ada di ruang dimensi. Titik koordinat ini ditentukan berdasar pada proximity data atau kedekatan, serta distance atau jarak dari titik satu ke titik-titik yang lainnya.

MDS bertujuan untuk mengobservasi data untuk mendapatkan posisi objek-objek yang secara relatif berdasarkan kemiripan. Terdapat dua jenis MDS jika dilihat dari skala data, yakni MDS Metrik dan MDS Non Metrik. MDS Metrik adalah skala data berupa rasio atau interval. Sedangkan MDS Non Metrik merupakan skala data yang berupa ordinal atau nominal.

Anda bisa melakukan Analisis Multidimensional Scaling (MDS) dengan software SPSS. SPSS atau Statistical Product Service and Solutions adalah software yang bertujuan untuk menganalisis data yang ada di kerangka statistik. Terdapat pula sistem manajemen data dalam software ini dengan menu deskriptif dan kotak dialog sederhana, sehingga Anda bisa mengoperasikannya dengan mudah.

Dengan memasukan data ke dalam SPSS Data Editor, software ini bisa membaca bermacam jenis data. Namun, apapun struktur data mentah yang Anda masukkan, Anda harus membentuk data tersebut ke dalam bentuk baris dan kolom.

SPSS adalah software yang efektif untuk menganalisa data karena variasi grafiknya lebih banyak, eksplorasi data yang lebih sederhana, dan lebih mudah dalam mengolah data. Selain itu, Anda juga bisa bekerja dengan data dalam volume yang besar dengan menggunakan SPSS.

Terdapat empat langkah yang bisa Anda ikuti untuk menganalisanya. Pertama-tama, klik menu Analyze. Kemudian, di dalam menu itu, Anda akan menemukan menu Scale. Setelahnya, barulah Anda masuk ke Multidimensional Scaling.

Setelah masuk ke Multidimensional Scaling, Anda bisa memasukan variabel-variabel ke dalam kolom Variables. Lalu, Anda klik tombol Model dan pilih Ordinal and Individual Differences Euclidean Distance. Terakhir, Anda tinggal masuk ke menu Options dan pilih Group Plot, Continue, dan Ok.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mendapatkan output Analisis Multidimensional Scaling menggunakan software SPSS. Mudah, kan?