Bagi Anda yang ingin melakukan Latent Profile Analysis, Anda bisa menggunakan sebuah software yang andal dan fleksibel yang disebut sebagai Mplus. Software ini memang lebih optimal jika dibandingkan dengan software lain. Akan tetapi, Anda harus mengerti perintah dan bahasa kode untuk menggunakannya. Jadi, Anda tidak bisa hanya sekadar input ataupun asal klik saja.

Bagi Anda yang baru ingin mulai menggunakan software Mplus, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelumnya. Untuk itu, simak ulasannya di bawah ini, ya!

  1. Lisensi Resmi

Sebagai software yang andal, tentunya Anda tidak bisa mendapatkan Mplus secara gratis. Jika Anda ingin eksplorasi semua fiturnya, Anda harus membeli software dengan lisensi resmi. Harganya pun berbeda-beda, mulai dari USD 195 untuk Anda yang masih pelajar atau mahasiswa.

Sementara untuk lembaga pendidikan, Anda harus membayar sebesar USD 595. Sedangkan bagi Anda, masyarakat umum yang ingin menggunakan untuk pribadi, Anda harus mengeluarkan uang sebesar USD 695. Tidak murah, memang. Namun, Anda juga bisa download versi demo secara gratis, tentu dengan fitur yang terbatas.

  1. Terdapat 10 Bahasa Perintah

Meskipun bahasa perintah yang paling sering digunakan adalah Data dan Variabel, software ini memiliki 10 bahasa perintah. Antara lain Title, Model, Analysis, Output, Plot, Savedata, dan Montecarlo.

  1. Output Berupa Teks dan Diagram

Software Mplus juga menyediakan output berupa grafik atau diagram bagi Anda yang tidak ingin membuat output yang berupa teks. Anda dapat menemukannya pada menu “Diagram” untuk kemudian Anda copy dan paste. Diagram ini nanti bisa Anda tampilkan pada presentasi ataupun jurnal yang Anda buat.

Bagi Anda yang mengalami kesulitan saat mengolah data, Anda bisa mencoba software Mplus ini. Prosesnya lebih mudah dan fiturnya lebih banyak dibandingkan dengan software lain. Namun sebelum membelinya, pastikan Anda mempelajari dulu software Mplus untuk memudahkan Anda dalam memakainya ketika sudah memiliki softwarenya nanti. Yang jelas, Anda tidak perlu bingung lagi ketika harus melakukan Latent Profile Analysis dengan Mplus.