Pengertian Variabel Dependen dan Independen serta Pengujiannya Menggunakan SPSS

Pengujian variabel data merupakan tahapan penting dalam pengolahan data khususnya pengerjaan skripsi. Variabel sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu variabel dependen dan independen. Pengujian data terjadi kepada variabel independen karena variabel dependen adalah variabel output.

Pengujian Variabel Dependen dan Independen Menggunakan SPSS

Untuk melakukan pengujian variabel Anda harus tahu dulu tes apa yang akan Anda kenakan kepada variabel tersebut. Karena setiap uji atau tes untuk variabel independen memiliki cara yang berbeda-beda saat diaplikasikan ke SPSS.

Simaklah pengertian mengenai variabel dependen dan independen ini agar tidak bingung lagi untuk membedakannya. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pengujian terhadap variabel yang tepat.

Apa Itu Variabel Dependen dan Independen

Variabel dependen dalam suatu penelitian merupakan variabel yang terkena pengaruh oleh variabel dependen. Oleh karena itu, tidak jarang pula ada yang menyebut variabel dependen sebagai variabel terikat.

Berbanding terbalik dengan variabel dependen yang terikat, variabel independen merupakan variabel tak terikat atau bebas. Variabel ini mengalami pengujian untuk mengetahui seperti apa pengaruhnya terhadap variabel dependen.

Menguji Variabel Independen dengan Uji T Test Menggunakan SPSS

Uji T test atau Uji T merupakan salah satu tes dalam statistik untuk mengetahui benar tidaknya hipotesis penelitian berdasarkan perhitungan statistika. Pada data yang sudah Anda inputkan ke SPSS, Anda bisa menekan tab Analyze dan hover di pilihan Compare Means hingga muncul jendela di sampingnya.

Setelah itu, pilihlah Independent-sample T Tes dan masukkan variabel yang akan Anda uji. Masukkan variabel pembeda atau Grouping Variabel dengan cara yang sama. Tombol Define Groups akan menyala dan tekanlah tombol tersebut.

Isikan value atau nilai yang Anda gunakan untuk membedakan kelompok variabel tersebut. Misalnya, 1 untuk jenis kelamin perempuan dan 2 untuk jenis kelamin laki-laki. Berikutnya Anda hanya perlu menekan Ok dan hasil pengujian T test ditunjukkan oleh kolom Sig. (2-tailed).

Itulah penjelasan mengenai variabel dependen dan independen lengkap dengan cara pengujiannya menggunakan SPSS. Sekarang silakan mempraktikkan caranya untuk mengolah data penelitian Anda.