NIST merupakan kependekan dari National Institute of Standards and Technology adalah laboratorium fisika sekaligus lembaga non-regulator. Badan yang sudah berdiri sejak 1901 ini merupakan wadah pengembangan sains dan teknologi. Sebetulnya, NIST Mass Spectral Library sendiri adalah bagian dari NIST dalam rangka terus berinovasi dan berkembang.

Berkenalan dengan Situs NIST Mass Spectral Library dan Fungsinya

Badan yang setara dengan NIST di Indonesia secara kesatuan masih belum ada. Namun, bila Anda menggabungkan Badan Standarisasi Nasional dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kedua badan ini bisa jadi NIST-nya Indonesia.

Anda tentunya penasaran dengan NIST Mass Spectral Library yang merupakan bagian dari NIST itu sendiri. Maka simaklah ulasan di bawah ini yang akan membahas degan singkat mengenai bagian dari NIST tersebut.

Apa itu NIST Mass Spectral Library?

Mass Spectral Library dari NIST ini merupakan sebuah situs atau perpustakaan online yang memuat berbagai data terkait spektrum massa. Mass Spectral Library ini berpusat di kampus NIST yang berada di Gaitherburg, Maryland.

Namun, dalam operasinya sendiri Mass Spectral Library mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Dengan demikian, para ilmuwan bisa memanfaatkan database dari Mass Spectral Library untuk mendapatkan informasi terkait spektrum massa atom dengan mudah dan lengkap.

Apa Fungsi NIST Mass Spectral Library?

Seperti yang sudah Anda ketahui dari penjabaran di atas, Mass Spectral Library berfungsi sebagai sebuah database mengenai spektrum atom. NIST yang akan menguji dan mencari tahu spektrum dari sebuah atom dan mengunggah atau melaporkannya di Mass Spectral Library.

Pengguna bisa mencari informasi mengenai spektrum atom tersebut untuk kebutuhan penelitian dengan fitur pencarian yang tersedia. Selain itu, para ilmuwan juga bisa menggunakan alat analisis data berupa AMDIS, Mass Pectrum Interpreter, dan Mass Spectral Digitizer Program.

Itulah yang bisa Anda pahami dari NIST Mass Spectral Library. Sekarang, Anda tentu sudah tidak penasaran lagi dengan hal itu, bukan? Mungkin saja Anda tertarik untuk menjadi salah satu ilmuwan yang bekerja dengan bidang yang sama dengan NIST.