Scientific Computing

Scientific Computing atau komputasi sains merupakan istilah yang mungkin masih asing di telinga orang awam. Tidak banyak orang yang tahu apa itu pengertiannya, kegunaannya, dan seperti apa rupa dari komputasi sains tersebut. Dari istilahnya saja Anda pasti sudah tahu bahwa komputasi statistik itu bukan sesuatu yang sederhana dan punya peran yang besar. Maka, mengetahui secuil informasi mengenai komputasi sains tentunya tidak akan ada ruginya.

Apa itu Scientific Computing?

Istilah komputasi statistik merujuk pada salah satu bagian dari ilmu komputer yang bertujuan untuk pengembangan model matematika dan analisis kuantitatif. Hasilnya akan berupa perangkat-perangkat lunak yang mungkin sedang Anda nikmati saat ini.

Scientific Computing bisa juga Anda artikan sebagai bidang statistik yang lebih lanjut dan perhitungan sudah tidak mungkin secara manual. Bila Anda pernah melakukan penelitian, maka komputasi sains ini merupakan alat untuk pengolahan data penelitian Anda.

Kelebihan Matlab Sebagai Platform Pemrograman Scientific Computing

Agar bisa berfungsi, komputasi sains ini membutuhkan platform untuk coding. Nah, salah satu platform atau alat yang bisa Anda gunakan untuk proses komputasi sains adalah Matlab. Matlab merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi buatan Mathwork. Inc.

Nah, berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari Matlab sebagai aplikasi pemrograman pada komputasi sains. Anda tentunya harus tahu pula kelebihan khusus dari aplikasi Mathlab.

Bahasa Pemrograman yang Khusus

Seperti yang Anda ketahui bahasa pemrograman sekarang ada banyak sekali dan masing-masingnya memiliki fungsi tersendiri. Begitu pula dengan Matlab yang khusus untuk komputasi sains. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menggunakan Matlab untuk fungsi lain. Namun, dengan begini berarti Matlab merupakan platform yang powerful untuk komputasi sains.

Tidak Membutuhkan Penentuan Nilai Array

Array merupakan hal yang harus Anda tentukan di awal dan harus Anda ikuti hingga akhir. Apabila kapasitas yang sudah Anda tentukan masih kurang, tentu Anda harus mengubah dari awal lagi. Matlab memiliki sistem array yang fleksibel sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi perubahan ukuran array.

Demikianlah informasi mengenai Scientific Computing yang dapat Anda ketahui. Setidaknya sekarang Anda tahu sedikit informasi mengenai bukti perkembangan teknologi. Anda tentunya tidak akan menyangka bahwa bidang ilmu komputer abu begitu rumitnya dan berhubungan dengan ilmu matematika.