Data scientist merupakan jenis pekerjaan yang baru-baru ini ada karena kemajuan teknologi yang pesat. Bahkan, pendidikan mengenai data scientist masih terbatas sekali khususnya di Indonesia. Bagi Anda yang ingin meniti karir di bidang data tidak perlu khawatir walaupun masih serba terbatas dan butuh banyak usaha. Tips dan trik untuk data scientist berikut ini sedikit banyak dapat membantu jalan Anda menjadi data scientist yang sukses.

Inilah Tips dan Trik sebagai Data Scientist Pemula

Menjadi data scientist memang membutuhkan banyak effort karena pekerjaan yang satu ini menggabungkan ilmu statistik dan pemrograman. Sehingga, penguasaan di kedua bidang tersebut sangatlah penting bagi seorang data scientist.

Namun, tentu saja semua itu tidak harus Anda pelajari sekaligus dalam meniti karir sebagai data scientist. Anda bisa mempelajarinya satu per satu sambil menambah keterampilan lain sebagai pendukung untuk menjalankan tugas seorang data scientist. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk data scientist yang dapat Anda ketahui.

Memiliki Bekal Ilmu Pemrograman

Pada saat melakukan pemrosesan data dalam jumlah yang luar biasa besar Anda membutuhkan alat khusus yang hanya bisa beroperasi menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Jadi, bekal ilmu pemrograman dapat membantu Anda untuk lebih mudah dalam belajar data scientist.

Memahami Jenis-Jenis Data yang akan Diolah

Pengetahuan mengenai jenis data sangat penting dalam bidang data karena penyimpanan dan akses data tergolongkan oleh jenisnya. Jadi, Anda tidak bisa menyimpan sebuah data dalam jenis yang berbeda maupun memanggil data dengan jenis yang tidak sesuai.

Menguasai Aplikasi-Aplikasi Statistik

Anda mungkin mengira bahwa pengolahan data bisa Anda lakukan dengan aplikasi-aplikasi seperti Ms. Excel atau SPSS, bukan? Namun, hak ini tidak sepenuhnya benar karena Anda tetap perlu aplikasi statistik seperti R Studio.

Demikianlah beberapa tips dan trik untuk data scientist. Sekarang Anda tentunya lebih paham mengenai langkah pembelajaran yang harus Anda tempuh untuk menjadi seorang data scientist. Berhubung bidang data merupakan bidang yang kompleks Anda perlu menebalkan semangat dan terus meningkatkan motivasi belajar di bidang data.