Dalam ilmu statistika, definisi metode tabu search adalah algoritma optimasi heuristik yang umumnya berfungsi untuk menemukan solusi terbaik pada kasus-kasus kombinatorial. Tabu search terinspirasi dari proses menemukan solusi dalam kehidupan sehari-hari.

Saat menemukan masalah, manusia cenderung mencoba berbagai cara untuk menyelesaikannya. Mereka juga cenderung membuat catatan untuk menghindari memilih pilihan yang sama di masa depan.

Konsep ini yang menjadi ide utama dalam metode tabu search untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Secara umum, cara kerja tabu search adalah menjelajahi sebuah ruang solusi untuk menghasilkan solusi yang baru.

Pada saat menjelajahi ruang tersebut, tabu search akan menghindari tabu list. Tabu list adalah mekanisme yang mencatat langkah yang diambil sebelumnya dan melarang pemilihan solusi sama pada iterasi selanjutnya.

Salah satu contoh pemanfaatan metode tabu search saat ini adalah penyelesaian masalah TSP (Traveling Salesman Problem) yang bertujuan menemukan rute perjalanan terpendek dengan rentang waktu yang terbatas.

Dalam pemanfaatannya, metode ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Tabu Search

Metode tabu search menawarkan beberapa kelebihan daripada metode statistik yang lain. Pertama adalah kemampuannya dalam menjelajahi ruang solusi sehingga dapat menemukan solusi yang efektif dalam menyelesaikan suatu persoalan.

Karena kemampuan tersebut, metode ini tidak mengambil langkah yang sebelumnya sudah pernah terpilih. Hal ini akan mengizinkan algoritma menemukan solusi lain yang lebih efektif.

Meskipun efektif dalam menemukan solusi, sayangnya metode ini masih memiliki beberapa kekurangan. Pertama, sangat bergantung pada parameter. Kedua, tidak adanya jaminan solusi dari tabu search akan bekerja dengan optimal, tergantung dari kasus yang terjadi.

Kekurangan lainnya adalah kompleksitas dalam perhitungan. Metode ini membutuhkan evaluasi yang ketat sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Perhitungan yang kompleks seperti ini sering menjadi masalah.

Itu tadi adalah beberapa kelebihan juga kekurangan yang terdapat pada metode tabu search. Hal tersebut dapat jadi pertimbangan awal sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya. Penting juga menyesuaikan dengan case atau masalah yang terjadi supaya metode ini bekerja maksimal.