Salah satu metode dalam statistik adalah meta analisis. Metode ini semakin populer di kalangan peneliti karena lebih mungkin untuk mendapatkan kesimpulan yang komprehensif dan konklusif.

Definisi Meta Analisis

Adapun definisi dari meta analisis adalah penggabungan hasil dari beberapa penelitian yang masing-masing berdiri sendiri, tetapi memiliki pertanyaan penelitian serupa. Maksud dari penggabungan ini adalah untuk mendapatkan hasil kesimpulan yang lebih kuat secara statistik.

Para peneliti mengumpulkan data dari penelitian-penelitian yang relevan dan melakukan analisis statistik untuk menggabungkan hasil dari penelitian-penelitian tersebut. Dengan teknik ini, peneliti dapat menemukan gambaran yang lebih menyeluruh dan akurat mengenai objek yang sedang diteliti.

Penggunaan metode ini sangat random dalam berbagai bidang ilmu, misalnya saja kedokteran, pendidikan, ilmu sosial, dan juga psikologi. Tujuan paling penting dari meta analisis adalah mengidentifikasi pola-pola umum, pengaruh-pengaruh signifikan, dan probabilitas variasi yang muncul dalam penelitian berbagai penelitian.

Keunggulan Meta Analisis

Penggunaan metode meta analisis memiliki keunggulan. Apa saja keunggulannya? Berikut ini tiga di antaranya:

1.    Meningkatkan validitas penelitian

Penggabungan data dari berbagai penelitian meningkatkan kekuatan hasil penelitian. Selain itu, peneliti dapat mendeteksi pengaruh-pengaruh lainnya yang lebih kecil.

2.    Menghadirkan perkiraan yang lebih akurat

Dengan metode ini, peneliti lebih mudah mendapatkan estimasi pengaruh yang lebih akurat karena adanya sampel yang lebih besar.

3.    Mengatasi ketidakpastian

Metode statistik ini dapat membantu peneliti melihat gambaran yang lebih besar. Hal ini memungkinkannya untuk meminimalisir ketidakpastian.

Kekurangan Meta Analisis

Di samping berbagai kelebihan, memang metode statistik ini memiliki kekurangan. Faktanya metode statistik ini memanfaatkan hasil-hasil penelitian lainnya. Jika kualitas penelitian-penelitian yang digunakan kurang baik atau terdapat bias sistematis, maka kesimpulan yang peneliti dapatkan bisa jadi tidak akurat.

Karenanya peneliti yang bermaksud menggunakan metode statistik ini harus melakukan evaluasi atas penelitian-penelitian yang digunakan. Ada faktor-faktor yang mesti menjadi perhatian yakni kualitas penelitian, desain penelitian, dan karakteristik sampel. Demikian penjelasan singkat mengenai metode statistik meta analisis. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat bagi Anda.