Langkah awal memilih metode penelitian dalam menulis skripsi memang penting. Terlebih skripsi merupakan tahapan penting yang harus kita lampaui agar bisa lulus menjadi sarjana.

Dalam pelaksanaan penelitian untuk skripsi ini, ketepatan pemilihan metode penelitian menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu kita perlu tahu apa saja langkah-langkah dalam memilih metode penelitian skripsi yang sesuai.

5 Langkah Awal Memilih Metode Penelitian

Langkah awal memilih metode penelitian membutuhkan beberapa hal yang perlu kita perhatikan. 5 tips di bawah ini bisa menjadi langkah awal dalam memilih metode penelitian yang sesuai dengan skripsi Anda.

  1. Pelajari Jenis Metode Penelitian

Ada beberapa jenis metode penelitian yang kerap kali kita gunakan dalam skripsi. Terdapat metode kuantitatif, metode kualitatif dan juga metode campuran atau mixed method. Anda perlu mempelajari setiap metode tersebut supaya mempermudah pemilihan kecocokan dengan penelitian skripsi Anda.

  1. Tentukan Tujuan Penelitian

Penentuan tujuan penelitian juga harus Anda lakukan dahulu sebelum pemilihan metode penelitian. Penelitian yang memiliki tujuan jelas dapat membantu Anda dalam memilih metode yang sesuai dengan penelitian.

  1. Lakukan Kajian Pada Penelitian Serupa

Selanjutnya Anda perlu melakukan kajian pada beberapa penelitian yang serupa yang skripsi Anda. Melakukan kajian ini 

  1. Perhatikan Jumlah Sampel Anda

Jumlah sampel dalam sebuah penelitian juga salah satu faktor penting yang harus kita perhatikan sebelum penentuan metode penelitian apa yang akan kita gunakan. Jika jumlah sampel yang Anda gunakan tidak banyak, maka sebaiknya gunakan metode kualitatif. Begitu pula dengan sebaliknya.

  1. Sesuaikan Waktu dan Ketersediaan Sumber Daya

Anda perlu sesuaikan metode penelitian Anda dengan ketersediaan sumber daya dan juga waktu penelitian. Jika waktu serta sumber dayanya terbatas maka sesuaikan pemilihan metode yang bisa dan memungkinkan Anda menyelesaikan dalam kurun waktu tersebut.Dari beberapa tips langkah awal memilih metode penelitian di atas, Anda bisa memilih metode penelitian mana yang cocok untuk skripsi Anda. Pemilihan metode penelitian yang tepat  akan mempermudah dan juga meningkatkan kredibilitas penelitian Anda.