Ada banyak hal yang harus Anda pelajari untuk bisa melakukan penelitian dengan baik pada suatu bidang tertentu. Mulai dari Teknik pengambilan data, analisis data, hingga penarikan kesimpulan membutuhkan banyak pengetahuan dan pertimbangan. Penjelasan metode Restricted Maximum Likelihood (REML) mungkin saja bisa membantu Anda untuk menemukan metode pendekatan statistik yang paling tepat untuk penelitian Anda. 

Inilah penjelasan Metode Restricted Maximum Likelihood (REML)

Metode Restricted Maximum Likelihood merupakan teknik estimasi untuk melakukan analisis terhadap data-data berulang dan model linear-mixed. Anda perlu memperhatikan karakteristik data Anda dan tujuan penelitian agar bisa menemukan metode yang tepat. Analisis data berulang dan model linear-mixed ini bisa juga Anda sebut sebagai salah satu ciri khas dari REML. 

Di bawah ini adalah penjelasan metode Restricted Maximum Likelihood (REML) yang bisa Anda pahami. 

Pengertian Metode Restricted Maximum Likelihood (REML)

REML merupakan suatu metode untuk melakukan pendekatan demi menghasilkan penduga tidak bias. Bukan hanya hanya itu saja, hasil penduga dari metode REML ini biasnya lebih kecil dari pada ML atau Maximum Likelihood pada umumnya. 

Ciri Khas dan Perbedaan REML dengan ML

Nah, Anda jelas tahu bahwa ada banyak sekali metode-metode dalam statistika sehingga tidak jarang membuat peneliti bingung. Untuk bisa menemukan metode yang tepat Anda bukan hanya harus mengetahui karakteristik data dan memahami tujuan penelitian dengan baik. Akan tetapi, Anda juga harus memahami masing-masing metode yang ada sehingga dapat memilih metode terbaik. 

REML sendiri merupakan metode yang berfokus pada kemungkinan data yang peneliti amati. Namun, perbedaan yang mendasar antara REML dan ML terletak pada adanya pembatasan para parameter efek acak. Pada metode ML, parameter efek acaknya akan mendapat perlakuan seperti parameter biasa. Sedangkan pada REML efek acaknya mendapatkan pembatasan agar nilai harapannya menjadi nol.Sampai di sini saja penjelasan metode Restricted Maximum Likelihood (REML). Anda sekarang tentunya sudah bisa membedakan metode REML dengan metode yang lainnya. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah ketika ingin memilih metode pendekatan atau teknik estimasi parameter pada model statistika.