Penjelasan grafik kendali Double Exponentially Weighted Moving Average (DEWMA) bisa Anda pahami.  Grafik kendali merupakan alat penting dalam manajemen kualitas. Sehingga akan membantu organisasi untuk memantau serta mengendalikan proses.

Salah satu jenis grafik kendali yang berguna secara luas dalam analisis data yakni DEWMA atau Grafik Kendali Double Exponentially Weighted Moving Average. Grafik kendali DEWMA menjadi alat untuk memonitor proses serta mendeteksi perubahan yang signifikan dalam data.

Penjelasan Grafik Kendali Double Exponentially Weighted Moving Average (DEWMA)

DEWMA atau Double Exponentially Weighted Moving Average sebagai metode yang membantu untuk menghitung rata-rata bergerak berbobot dari data proses. Metode ini mirip dengan rata-rata bergerak eksponensial (EMA).

Namun, memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi terhadap perubahan dalam data. DEWMA berguna pada konteks grafik kendali untuk memungkinkan organisasi mengidentifikasi perubahan yang mungkin terjadi selama prosesnya dengan lebih cepat.

Grafik kendali DEWMA akan memantau proses secara berkelanjutan. Sehingga melibatkan perhitungan DEWMA pada setiap titik waktu serta membandingkannya dengan batas kendali atas maupun batas kendali bawah. Jika DEWMA melebihi salah satu batas kendali ini, maka bisa menjadi indikasi bahwa ada masalah dalam proses yang perlu Anda investigasi lebih lanjut.

Batas kendali atas maupun batas kendali bawah pada grafik kendali DEWMA biasanya menggunakan perhitungan berdasarkan distribusi probabilitas dari DEWMA maupun tingkat kepercayaan. Saat DEWMA berada di luar batas kendali, maka menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam proses.

Terdapat beberapa keuntungan jika menggunakan grafik kendali DEWMA. DEWMA sangat responsif terhadap perubahan dalam data. Sehingga memungkinkan deteksi dini terhadap masalah proses. Selain itu, memberikan bobot yang lebih besar pada data terbaru.

DEWMA akan berfokus terhadap informasi yang paling relevan. Grafik kendali DEWMA juga memungkinkan organisasi dalam mengidentifikasi perubahan signifikan dalam proses, sehingga tindakan perbaikan bisa Anda ambil dengan cepat.

Namun, penting untuk Anda ingat bahwa penggunaan DEWMA membutuhkan pemahaman yang baik mengenai faktor pembobotan α dan perhitungan batas kendali yang tepat. Untuk penggunaan praktisnya, grafik kendali DEWMA menjadi alat yang kuat dalam memantau dan mengendalikan proses. Bahkan juga membantu organisasi untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan dengan lebih efektif.